Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Disambar Baling-Baling Heli, Dua Tewas

Jumat, 30 Januari 2009 – 04:41 WIB
Disambar Baling-Baling Heli, Dua Tewas - JPNN.COM
Foto : Muhammad Iqbal/ Satelit News/JPNN
JAKARTA – Kecelakaan kerja terjadi di Bandara Pondok Cabe, Tangerang, kemarin. Sebuah helikopter Super Puma milik maskapai carter Pelita Air Service (PAS) yang sedang ”diperiksa” mendadak oleng dan berjungkir balik di tanah. Akibatnya, dua mekanik tewas tersambar baling-baling heli, sementara pilot dan seorang teknisi lain yang berada di kokpit selamat.

Kedua korban tewas adalah Ahmad Suparja, 54, warga Kampung Gondrong, Tangerang; dan Sri Setiabudi, 44, warga Perumahan Bumi Pelita Kencana Blok A Pondok Cabe, Tangerang, Banten. Untuk keperluan otopsi, kedua jenazah dievakuasi ke RS Fatmawati. Sementara Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih menyelidiki penyebab kecelakaan yang terjadi pukul 10.00 WIB tersebut. ”Kami sudah mengirimkan dua investigator untuk menyelidiki kecelakaan itu, yaitu Capt Toos Sanitioso sebagai Inspector In Charge (IIC) dan Sulaeman,” ujar Ketua KNKT Tatang Kurniadi saat dikonfirmasi Kamis (29/1).

Heli nahas bernomor registrasi PK-PUH itu bukan terjatuh dari udara. Kecelakaan terjadi saat heli masih menjejak tanah di depan hanggar. Heli itu diperkirakan terbalik karena kehilangan keseimbangan. ”Helikopter tidak sedang terbang atau hendak terbang, tetapi sedang pemeriksaan rutin,” terang Tatang.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Departemen Perhubungan Bambang S. Ervan menambahkan, selain KNKT, Dephub mengutus dua inspektur untuk menyelidiki peristiwa ini. Yakni seorang pilot yang bertindak sebagai principal operations inspector (POI) dan seorang teknisi sebagai principal maintenance inspector (PMI). ”Keduanya utusan dari Direktorat Kelaikan Pesawat dan Operasi Penerbangan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara,” ungkapnya.

JAKARTA – Kecelakaan kerja terjadi di Bandara Pondok Cabe, Tangerang, kemarin. Sebuah helikopter Super Puma milik maskapai carter Pelita Air

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close