Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mengunjungi Perkampungan Muslim Indonesia di Ho Chi Minh City

Hanya Para Lansia Yang Masih Bisa Berbahasa Indonesia

Kamis, 09 Agustus 2012 – 00:24 WIB
Mengunjungi Perkampungan Muslim Indonesia di Ho Chi Minh City - JPNN.COM
KETURUNAN INDONESIA: Haji Ali bin Ahmad yang juga Imam Masjidil Rahim di kota Ho Chi Minh, Vietnam. Foto : Narendra Prasetya/Jawa Pos
Di salah satu sudut kota Ho Chi Minh terdapat perkampungan yang 95 persen penduduknya berasal dari Pulau Bawean, Jatim. Sudah lebih dari 125 tahun mereka menetap di sana dan masih berusaha mempertahankan budaya Indonesia. Berikut laporan wartawan JAWA POS Narendra Prasetya yang baru saja pulang dari sana.

 

= = = = =
 

TIDAK mudah menemukan komunitas keturunan Indonesia di Vietnam. Terutama di kota Ho Chi Minh. Maklum, di kota terbesar kedua di Vietnam itu hampir seluruh penduduknya merupakan masyarakat asli dari etnis Vietnam. Kira-kira 90 persen. Sisanya adalah komunitas Tionghoa dan etnis minoritas yang lain.

 

Namun, pencarian itu seakan menemui titik terang jika sudah sampai di salah satu masjid yang berada di dekat pusat kota Ho Chi Minh City. Masjid tersebut bernama Masjidil Rahim, atau banyak orang di Ho Chi Minh menyebut Masjid Malaysia-Indonesia.

 

Sebab, dalam sejarahnya, masjid tersebut dahulu dibangun oleh komunitas pendatang dari Malaka (Malaysia) dan Indonesia. Masjid tersebut berada di District 1, tepatnya di 45 Nam Ky Khoi Nghia. Letaknya cukup dekat dengan pusat keramaian. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari Ben Thanh Market yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Ho Chi Minh City. Dari terminal bus kota Ben Thanh juga bisa naik bus atau transportasi umum yang lain.

Di salah satu sudut kota Ho Chi Minh terdapat perkampungan yang 95 persen penduduknya berasal dari Pulau Bawean, Jatim. Sudah lebih dari 125 tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close