Baru 18 Ribu Honorer K1 Sodorkan Berkas untuk NIP

Rabu, 16 Januari 2013 , 18:49:00
JAKARTA--Honorer kategori satu (K1) yang menyodorkan berkasnya untuk keperluan penetapan nomor induk pegawai (NIP) ternyata jumlahnya masih sangat sedikit. Padahal, waktu penyerahan berkas sudah diperpanjang, dari semula akhir Desember 2012, menjadi pertengahan Januari 2013.

Data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan, hingga hari ini usulan pemberkasan NIP yang masuk baru 18 ribu CPNS dari total 52 ribuan yang sudah dinyatakan memenuhi syarat dan mendapatkan formasi.

"Memang masih banyak sekali yang belum mengajukan. Yang mengajukan usulan baru 18 ribu saja, itu berarti ada sekitar 34 ribu yang belum mengajukan berkas," kata Kabag Humas BKN Tumpak Hutabarat kepada JPNN, Rabu (16/1).

Tumpak tak mau BKN disalahkan jika penerbitan NIP untuk honorer K1 ini lambat. Pasalnya, dua bulan sebelum penyerahan formasi untuk honorer K1 yang clear pada Desember 2012, kepala BKN telah melayangkan surat edaran ke seluruh instansi.

Intinya meminta pejabat pembina kepegawaian menyiapkan berkas usulan pemberkasan NIP dan ditenggat hingga 31 Desember. Mengingat banyaknya hari libur di bulan Desember, BKN kemudian memberikan kesempatan lagi hingga pertengahan Januari 2013.

"Sudah diberi kesempatan berkali-kali kok tidak digunakan. Kami juga heran dengan sikap pemda ini. Bagaimana BKN bisa bekerja cepat kalau daerah malah lambat mengajukan. Kalau tidak diajukan juga, BKN tidak akan memproses," sergahnya.

Mengapa sampai daerah lambat mengajukan usulan pemberkasan NIP? Kepala BKN Eko Sutrisno mengatakan, ada kekhawatiran pemda mengumumkan nama-nama honorer K1 yang dinyatakan lolos. Mereka takut akan didemo massa bila datanya tidak benar. Apalagi sebelumnya banyak di antaranya yang dinyatakan memenuhi kriteria akhirnya menjadi tidak memenuhi kriteria.

Eko pun meminta agar seluruh instansi secepatnya memasukkan usulan pemberkasan NIP, mengingat waktunya pengangkatan honorer K1 menjadi CPNS sudah lewat waktu seperti yang diamanatkan dalam PP 56 Tahun 2012 tentang Pengangkan Honorer Tertinggal menjadi CPNS, yakni Desember 2012. (Esy/jpnn)

Komentar (41)
HONORER K1 11.10.2013 | 23:39 WIB
semoga kita tidak salah lagi memilih pemimpin,3 tahun kita tersikasa dengan angan2 kedoliman karena ulah orang2 dolim
boy lsm sdm 20.06.2013 | 09:31 WIB
kalau amanat PP 56/2012 tentang pengangkatan honorer berakhir desember 2012, berarti yang sisanya seharusnya pemerintah mengeluarkan PP th.2013
Kus Hendratmo 16.04.2013 | 17:26 WIB
Kalo sudah selesai mohon segera diumumkan baik daftar kenaikan pangkat maupun daftar peserta honotel atou k2 yang mau di PNS kan ok
Kus hendratmo 16.04.2013 | 15:23 WIB
sebaiknya daftar peserts K2 Khususnya Daerah provinsi jawa timu dikirimkan ke imelnya masing masing
SUPRIADI 15.04.2013 | 09:06 WIB
Iya Pak kenapa lama sekali ini SKx K1 keluar padahal sdh berkali-kali pemberkasan,khususx Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat.Tolong Pak....
Dede Ruhimat 09.04.2013 | 08:46 WIB
Sy hrp pmerintah prhatikn guru2 honor yg ada di skolah2 swasta, krn antara swasta dn negri sma-sma mmbntu pmerintah dlm mncerdaskn khidupn bangsa
AREMA 02.04.2013 | 11:18 WIB
k1 dan k2 kab malang kok tidak ada????????????????
suri 27.03.2013 | 09:24 WIB
kapan pemberkasan k 1 depag sudah sampai mana perjalan k1 kemenag
honorer k1 kab.siak 19.03.2013 | 10:19 WIB
BISA MINTA INFO KAB MN AJA YANG UDAH USULKAN USULAN PEMBERKASAN NIP KARENA APABILA KAB KM YG BLM USULKAN BISA KM PERTANYA KAN DI BKD KAMI...TRIMS
A. Fithoni Fikri 15.03.2013 | 17:16 WIB
Tolong NIP serta SK Kota Jambi cepat dikeluarkan karna kami sudah menunggu begitu lama sedangkan daerah yang sama masalahnya sepoerti kami sudah keluar semua NIP dan SK nya
yad 11.03.2013 | 11:59 WIB
gimana dong bapak pimpinan kami yang terhormat kami belum dapat info tentang honorer k1 kemendikbud sampai sekarang,kami udah lama nunggu kpn pem
j 08.03.2013 | 19:45 WIB
Bagaimana nasib honorer pendidikan naungan kemenag yang di swasta? padahal dah belasan - 20 th bahkan ada yang lebih, ni dimana nasib nantinya?
Lucy 06.03.2013 | 02:14 WIB
baik nya daerah yg dah serahkan berkas ke BKN ya langsung aja di proses NIP nya.. jadi egk jadi alasan untuk di tunda... lagi
sugiyono 01.03.2013 | 14:34 WIB
saya punya sk 2004 2005 kemenag cuma diva tak cukup sehingga pembayaranya ter putus salah siap? masak gak bisa pns.
sugiyono 01.03.2013 | 14:34 WIB
saya punya sk 2004 2005 kemenag cuma diva tak cukup sehingga pembayaranya ter putus salah siap? masak gak bisa pns.
gue 22.02.2013 | 07:45 WIB
iyo i, kdr jg blm ada kbr apa2, piye to?
Ucok Medan 19.02.2013 | 11:36 WIB
Siapakah yang melanggar PP 56 Tahun 2012.....?????????
Si PAYAH ! 14.02.2013 | 20:05 WIB
Memang PAYAH , wamen, BKN, pak Tumpak, dan pak Eko. Dah lebih 3 th K1 blm beres2. Macam2 alasan. Yg Seriuslah. Jgn Daerah2 jd yg disalahkan . Terbitkan aj dulu Nip K1 daerah2 yg sdh oke dan beres, jd ketahuan, daerah mana yg tdk becus. Jgn jd alasan tuk molor . . . Ad apa sih lg ? ? ?
mahyudin 04.02.2013 | 15:23 WIB
Di prov jambi,kab.tebo khusus ny samqai saat ini blum ada printah untk pmbrkasan NIP.sya hnrer k1 kemenag.trimaS
bambang suprianto 04.02.2013 | 07:08 WIB
nama-nama k-1 yang telah di tetapkan nipnya
sudirman 27.01.2013 | 10:22 WIB
nama pemberkasan nip untuk yng lolos bagi mamuju bisa di tampilkan.
joko tole 21.01.2013 | 07:36 WIB
Kemenag klo tdk mampu ngurusin Honorer K1 tlg limpahkan sj urusan pendidikan ke kemndiknas, biar urusan honorer dan TPP cepat tuntas
dwi cahyo 20.01.2013 | 18:19 WIB
tlg K1 yg sdh clear dilakukan pemberkasan NIP, jgn menunggu yg msh bermasalah kasihan yg sdh clear
Nurhayati 19.01.2013 | 15:43 WIB
Di kabupaten kami belum ada perintah untuk pemberkasan usulan cpns tenaga honorer K1 dari kemenag, jd kami belum mengumpulkan berkas usulan tersebut, padahal kami sangat menunggunya....
Toke' 18.01.2013 | 18:29 WIB
Sbrpa brpengaruh nya pr honorer brniat mngubah prilku pmrintah yg lmbat. Toh pemerintan itu ramai dan hnya saling mnunggu dan mnunggu. Mana pp nya, biar tak sobek2 aja.
Honorer Morowali ex Poso 1990. 18.01.2013 | 16:58 WIB
Saya tuntut Pengabdian sy sejak Tahun 1990 s/d skarang (2013) tanpa terputus agar di Perhitungkan.. Klau tdk percaya pernyataan dari atasan kami, maka kmi akan paksa bapak untuk menanyakan Kpd Tuhan Allah biar bapak yakin dan percaya..!!. Jgn menyepelehkan pengabdian dan karya kami pd Negara tercinta ini slama ini..
kok belum tahu ???? 17.01.2013 | 15:14 WIB
mau lihat instansi yg di undang pemberkasan dpt dilihat di Rakornas Penetapan Honorer Kategori 1 di web menpan
honorer galau 17.01.2013 | 14:16 WIB
KEMENAG mana infonya???
muhammad huntoro 17.01.2013 | 11:38 WIB
KEMENAG KOK ADEM AYEM YA.... APA BANYAK BERMASALAH K1 NYA, KASIHAN DONG YANG BENER2 K1,IKUT DEH NANGGUNG DOSA....
honorer papua barat 17.01.2013 | 11:37 WIB
kami hari senin tanggal 14 januari baru mulai pemberkasan, terima kasih jpnn atas budi baiknya menginfokan kpd kami.
wanry 17.01.2013 | 09:34 WIB
wamen pernah menjajikan honorer k1 kantongi sk awal januari 2013. saya mau mempertanyakan wamen yang bodoh ini 2013 atau 2014,,,????
honorer K-1 17.01.2013 | 09:19 WIB
Terang aja baru 18.000-an wong ngurusin pengaduan yg gak jelas aja siiih..waktunya tersita percuma..lambat...
tueing 17.01.2013 | 09:06 WIB
kami Honorer K1 Instansi Pusat Kemendikbud...Boro-boro mau pemberkasan..dari Kemendikbudnya juga belum ada kabar,adem ayem aja tuh....!!!?!?!?!!?
PEMBACA 17.01.2013 | 08:35 WIB
Beberapa instansi belum memberikan signal untuk memasukkan berkas. PPK juga belum memberikan isyarat untuk pemberkasan. Kirim kemana berkasnya ?
Im subandi karimuddin 17.01.2013 | 08:30 WIB
terang aja terlambat,pengumumanya aja belum,gimana bisa pemberkasan
buyung 17.01.2013 | 06:52 WIB
kenapa berkas honorer k1 hanya 18.000 yang masuk, yang lainnya berarti palsu dong..... pemerintahnya ndak beres dong berarti
org kaya 17.01.2013 | 06:20 WIB
beresan yg 18rb saja apa susahnya..
Tauco city 17.01.2013 | 06:15 WIB
Sudah jelas berani mengajukan kat.1 ttp tdk berani memasukan berkas ke bkn krn mmg datanya diluar ketentuan sbg kat.1 (fiktif)
Honorer Kemenkeu 17.01.2013 | 00:34 WIB
dulu kami dinyatakan memenuhi Kriteria K-1, karena dana APBN. Tapi tidak ada realisasi. bukan demo lagi, kami bakar diri massal.
Yang udah dapat NIP selamat anda mendapatkan pekerjaan yang nyanta gaji gede.. 16.01.2013 | 21:19 WIB
PNS= (Pekerjaan Nya Santa)
K1 16.01.2013 | 19:26 WIB
Kalau yang sudah, kapan nih SK akan turun. Secepatnya pak ......