Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jatim Dorong Suplai Rumah Sederhana

Sabtu, 19 April 2014 – 07:10 WIB
Jatim Dorong Suplai Rumah Sederhana - JPNN.COM

jpnn.com - SURABAYA - Backlog atau kekurangan suplai perumahan sederhana di Jawa Timur (Jatim) diperkirakan menyentuh 300 ribu unit. Oleh karena itu pemerintah provinsi (Pemprov) terus mendorong agar angka tersebut bisa ditekan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang Jawa Timur Gentur Prihantono mengatakan, masih tingginya angka backlog itu dipicu sejumlah persoalan. Untuk menekan backlog tersebut, jumlah rumah yang sudah terbangun mencapai 24 ribu unit.  

"Memang angka tersebut masih jauh dari kebutuhan. Banyak faktor yang mempengaruhi seperti harga bahan bangunan, kesulitan developer mencari tanah, hingga proses perizinan yang harus diurus oleh developer ke masing-masing Pemda," katanya.

Walaupun pengembang sudah memiliki tanah, lanjut dia, tetap harus memiliki izin untuk membangun perumahan.

Khusus proses perizinan, lanjut dia, merupakan kewenangan di tiap-tiap pemerintah kabupaten/kota. Sedangkan pihaknya hanya bisa mendorong dari sisi regulasi.

"Kami memiliki tim percepatan pembangunan perumahan yang dipimpin oleh wakil gubernur. Tim ini juga memberitahui bupati maupun walikota untuk membantu menekan angka backlog," ujarnya

Dia mengakui proses perizinan itu berperan yang besar dalam mendorong pembangunan rumah sederhana. Dia mengatakan, proses perizinan untuk mendapatkan sertifikat disamakan antara rumah sederhana dan mewah.

"Nah ini tidak seimbang. Termasuk soal kebutuhan listrik dan air tiap kepala keluarga berbeda. Semestinya menggunakan pendekatan khusus," tuturnya.

SURABAYA - Backlog atau kekurangan suplai perumahan sederhana di Jawa Timur (Jatim) diperkirakan menyentuh 300 ribu unit. Oleh karena itu pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close