Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lanjutkan Konvensi Dianggap Cara SBY Selamatkan Diri

Senin, 21 April 2014 – 23:47 WIB
Lanjutkan Konvensi Dianggap Cara SBY Selamatkan Diri - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia, M Budyatna menilai langkah Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melanjutkan konvensi calon presiden (capres) merupakan strategi jitu. Menurut Budyatna, dengan melanjutkan konvensi maka SBY bukan hanya mencari figur capres yang layak jual tetapi juga untuk menyelamatkan diri setelah lengser dari kursi presiden nanti.

"Kalau konvensi berjalan mulus dan capresnya bisa menang di pilpres, maka posisi SBY aman setelah tidak jadi presiden. Tapi dengan tidak berpihak, SBY juga mengamankan dirinya,”  kata Budyatna ketika dihubungi wartawan, Senin (21/4).

Menurutnya, dengan melanjutkan konvensi pula maka SBY tidak menunjukkan keberpihakannya pada salah satu figur capres yang sudah ada, baik Joko Widodo yang diusung PDIP maupun Prabowo Subianto yang diusung Partai Gerindra. Sebab jika SBY berpihak pada salah satu capres dan ternyata kalah, maka kasus-kasus selama masa kepresidenannya pasti akan diungkit oleh capres yang menang.

"Saya melihat itu langkah cerdas dan strategis. Dengan keputusannya melanjutkan konvensi dia bisa menyelam sambil minum air," ulas Budyatna.

Lebih lanjut Budyatna menambahkan, awalnya sebelum pemilu legislatif (pileg) memang ada indikasi SBY cenderung berpihak ke Prabowo. Namun, melihat pada perolehan suara Gerindra di pileg dan ternyata PDIP muncul sebagai peraih suara terbanyak membuat SBY urung berpihak ke Prabowo.

Karenanya, lanjut Budyatna, SBY justru terlihat sudah memuji-muji Jokowi dan PDIP. Dengan tidak berpihak, maka SBY bermain aman demi kepentingannya pasca-lengser nanti.

"Dengan demikian meski Demokrat tidak dapat posisi presiden atau wapres, SBY bisa mendapatkan beberapa kursi menteri dan yang paling penting dia dan keluarganya aman dan terlindungi," ungkap Budyatna.(fat/jpnn)

JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia, M Budyatna menilai langkah Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melanjutkan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close