Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jelang Kedatangan Obama, Aktivitas Nuklir Korut Meningkat

Selasa, 22 April 2014 – 16:15 WIB
Jelang Kedatangan Obama, Aktivitas Nuklir Korut Meningkat - JPNN.COM

jpnn.com - SEOUL- Aktivitas di pusat uji nuklir Korea Utara meningkat menjelang kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Korea Selatan. Obama bakal menyambangi Korsel Selatan pasca lawatannya di Jepang.

"Pihak militer Korsel mendeteksi sejumlah aktivitas di sekitar tempat uji coba nuklir Punggye-ri," kata seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan, seperti dilansir BBC, Selasa (22/4).

Pada Senin kemarin, Kepala Staff Gabungan Korea Selatan membentuk satuan tugas khusus untuk memantau situasi tersebut. Disinyalir, pihak militer Korea Utara sedang merencanakan uji coba nuklir untuk mengejutkan Amerika dan negara tetangganya. "Bisa jadi ini kejutan atau hanya berpura-pura untuk menggelar uji coba nuklir," lanjutnya.

Korea Utara telah melakukan uji coba nuklir sebanyak tiga kali di masa lalu. Uji coba yang dilakukan pada Februari 2013 telah memicu ketegangan parah selama berbulan-bulan di semenanjung Korea.

Uji coba ini juga pernah dilakukan pada 2006 dan 2009. Semua uji coba tersebut berakibat pada dikenakannya sanksi PBB terhadap Pyongyang.

Akhir bulan lalu, Korea Utara mengancam akan melakukan bentuk baru dari uji coba nuklir ini. Belum diketahui apa maksud dari "bentuk baru" tersebut. Meskipun Pyongyang telah melakukan uji coba terhadap sejumlah perangkat nuklir, tapi diyakini mereka belum dapat meluncurkan misil. (esy/jpnn)

SEOUL- Aktivitas di pusat uji nuklir Korea Utara meningkat menjelang kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Korea Selatan. Obama bakal

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close