Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sumbar Layak Dijuluki Supermarket Bencana

Kamis, 24 April 2014 – 00:12 WIB
Sumbar Layak Dijuluki Supermarket Bencana - JPNN.COM

jpnn.com - PADANG - Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memiliki keunikan tersendiri dibanding daerah lain di Indonesia. Namun keunikan dimaksud, bukan karena pesona alamnya hingga menarik wisatawan berkunjung ke daerah ini. Tapi menurut Gubernur Sumbar Iwan Prayitno, keunikan provinsi yang dipimpinnya karena hampir semua bencana ada di sini.

"Boleh dibilang Sumbar itu supermarket bencana. Bencana apa saja, ada di Sumbar. Tsunami ada, gempa setiap saat merasakan, banjir rob juga sering, banjir di tengah kota juga sering, longsor juga ada. Pokoknya semua ada," kata Iwan Prayitno saat menghadiri pembukaan rapat Koordinasi Pengembangan SDM dan Pembangunan Kesejahteraan Sosial III di Padang, Sumatera Barat, Selasa malam (22/4).

Bukan hanya itu, kata Iwan, Sumbar juga memiliki enam gunung berapi di antaranya Gunung Marapi, Gunung Talang, Gunung Talamau (tidak aktif), dan Gunung Pasaman. Jika semua atau di antaranya meletus, jelas menimbulkan permasalahan sosial.

"Jadi kami bersyukur, Kementerian Sosial sering mengadakan kegiatan di Sumbar. Karena semua bencana ada di sini," ujarnya.

Dikatakan Iwan, melalui kegiatan Kemensos yang terus mengembangkan SDM Kesos diharapkan dapat membantu pihaknya menangani permasalahan sosial di daerah.

"Karena tidak hanya punya keinginan saja,tapi juga harus punya kemampuan dan kemahiran. Jadi dalam mengatasi masalah dapat tuntas, bukan menjadi masalah baru," tandasnya.(ris/jpnn)

PADANG - Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memiliki keunikan tersendiri dibanding daerah lain di Indonesia. Namun keunikan dimaksud, bukan karena

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close