Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mega Disebut Pernah Coba Cairkan Harta Amanah Soekarno

Rabu, 14 Mei 2014 – 04:54 WIB
Mega Disebut Pernah Coba Cairkan Harta Amanah Soekarno - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Polemik harta amanah mantan Presiden Indonesia Soekarno terus bergulir. Harta yang ditulis Safari ANS dalam bukunya “Harta Amanah Soekarno” diduga pernah dicoba dicarikan Megawati Soekarnoputri.

“Perlu Dicatat, Megawati juga pernah mencoba mencairkan dana harta amanah Soekarno tersebut,” tegas Safari saat lauching dan bedah buku di Kebaguasan, Jakarta seperti yang dilansir INDOPOS (Grup JPNN.com), Selasa (13/5).

Menurut dia, harta Bung karno tersebut merupakan titipan amanah dari PB IX saat Presiden pertama Indonesia tersebut berusia 27 tahun.

"Tindakan Bung Karno selalu melakukan tindakan politik dan ekonomi. Dimana ada perjanjian antara Indonesia dengan Amerika. Saat itu dan Jhon F Kennedy mantan Presiden Amerika saat itu, mau menandatangani perjanjian itu," ujarnya.

Ia mengatakan, pada 14 November 1965, Amerika Serikat harus membayar royalti dari perjanjian tersebut. Namun, kemudian Soekarno sibuat tidak berdaya dan sengaja digulingkan olh perjanjian Green Hiltom Agreement.

"Jadi Indonesia siapapun presidennya ke depan harus berani reaktualisasi, reasetisasi, dan rekalkulasi, serta pejabat jangan pura-pura diam," imbuh Safari.

Safari mengaku, sudah berkeliling ke sejumlah daerah untuk mencari dokumen otentik perjanjian tersebut.

"Dari arsip itu kita bisa melihat dari berbagai sudut pandang. Arsip terkait dengan harta amanah jika dikaitkan dengan politik boleh-boleh saja,” katanya. (ibl)

JAKARTA - Polemik harta amanah mantan Presiden Indonesia Soekarno terus bergulir. Harta yang ditulis Safari ANS dalam bukunya “Harta Amanah

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close