Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kampus Juga Sarana Pembentukan Karakter

Selasa, 29 Juli 2014 – 16:01 WIB
Kampus Juga Sarana Pembentukan Karakter - JPNN.COM

jpnn.com - PENINGKATAN mutu pendidikan tentunya harus dibarengi dengan mutu sumber daya manusia (SDM) yang andal. Rektor Universitas Widya Gama Mahakam (UWGM) Samarinda Prof Dr H Abdul Rachim AF, saat ditemui di kampus UWGM Jalan KH Wahid Hasyim Samarinda mengatakan, oleh karenanya kemampuan akademik tidaklah cukup, namun harus dilengkapi dengan kemampuan non-akademik.

Nah, untuk kalangan mahasiswa di UWGM, hasrat menyalurkan minat dan bakat non-akademik bisa disalurkan lewat unit kegiatan mahasiswa (UKM).

“Kampus bukan hanya sebagai sarana meningkatkan ilmu pengetahuan, namun kampus juga sebagai sarana pembentukan karakter,” tegas Abdul Rachim.
 
Dari itulah, kampus biru –sebutan kampus UWGM- menginstruksikan kepada bagian kemahasiswaan untuk membentuk unit kegiatan mahasiswa atau yang biasa disingkat UKM itu.

“Dari UKM inilah akan membentuk karakter dan menjalin keakraban antarmahasiswa se-kampus,” terangnya.

Ia mengatakan selama ini kampus biru telah membentuk sedikitnya tujuh UKM. Seperti UKM Centra Studi Islam (Cesima), KBMK, UKM Sepak Bola, UKM Teater Kacamata, UKM Jurnalistik dan Kehumasan, serta UKM Ikatan Pencinta Alam Universitas Widya Gama (Ipawagama). Khusus untuk Ipawagama sukses menoreh prestasi membawa nama kampus biru ke level nasional 5 Juni lalu, dengan menggelar lomba panjat tebing piala Rektor V di halaman kampus biru.
 
“Ini catatan baik prestasi UKM yang harus kita perhatikan. Saya sebagai rektor memandang kegiatan UKM ini harus dikembangkan dan ditingkatkan. Dan mulai tahun ajaran baru 2014-2015, mahasiswa tidak ada lagi yang tidak bergabung di UKM, semua harus bergabung,” tegasnya.
 
Ia juga mengucapkan apresiasinya kepada seluruh UKM yang telah menjalankan programnya sebagai salah satu komunitas yang berpartisipasi dalam pencitraan kampus biru.

“Saya mengucapkan selamat kepada UKM Ipawagama dan UKM lainnya, karena telah membuktikan diri menjadi salah satu UKM andalan di kampus UWGM. Semoga ke depan apa yang diraih hari ini dapat senantiasa terus dipertahankan dan ditingkatkan,” pungkasnya.(*/rif/iza/sos/k9)

 

PENINGKATAN mutu pendidikan tentunya harus dibarengi dengan mutu sumber daya manusia (SDM) yang andal. Rektor Universitas Widya Gama Mahakam (UWGM)

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close