Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bursa Calon Pendamping Ahok di DKI Mulai Panas

PDIP-Gerindra Sama-Sama Siapkan Calon Wagub

Rabu, 30 Juli 2014 – 06:00 WIB
Bursa Calon Pendamping Ahok di DKI Mulai Panas - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA PUSAT – Seiring kemenangan Joko Widodo dalam pemilu presiden (pilpres) lalu, maka pria yang kini menjabat Gubernur DKI itu akan segera digantikan oleh wakilnya, Basuki T Purnama alias Ahok. Selanjutanya, kursi Wakil Gubernur DKI yang ditinggalkan Ahok pun bakal diperebutkan.

Kini, bursa calon Wagub DKI pun semakin menghangat. PDIP dan Partai Gerindra disebut tengah berebut ingin menempatkan kadernya di kursi bergengsi tersebut.

Berdasar sumber Jawa Pos, Partai Gerindra akan mengajukan dua nama calon wagub. Yakni, Ketua DPD Partai Demokrat Nachrowi Ramli dan Ketua DPD Partai Gerindra Muhammad Taufik.

Jika kabar itu benar, Gerindra akan berhadapan dengan PDIP. Sebab, PDIP menegaskan, kursi wagub adalah jatah mereka. Salah satu jago yang digadang-gadang menjadi wagub adalah Boy Bernardi Sadikin, ketua DPD PDIP DKI.

Ada juga nama Rieke Dyah Pitaloka dan Djarot Saiful Hidayat. ’’Gerindra tidak mungkin mengamini permintaan PDIP yang mengajukan nama-nama tersebut,’’ ucap sumber itu.

Dia menegaskan, Gerindra dan PDIP adalah parpol koalisi pengusung pasangan Jokowi-Ahok pada Pilgub DKI 2012. Karena itu, jika Jokowi dilantik menjadi presiden dan Ahok naik menjadi gubernur, jatah kursi wagub yang kosong tidak serta-merta menjadi hak PDIP.

“Kami sama-sama mempunyai hak untuk mengajukan nama. Jadi, tidak ada masalah,” katanya.

Lantas, mengapa Gerindra juga mengajukan nama Nachrowi Ramli? Menurut dia, Nara –sapaan Nachrowi– merupakan tokoh Betawi yang disegani di Jakarta. Dengan demikian, dia dianggap pas mendampingi Ahok. “Pendamping Ahok harus berasal dari tokoh DKI agar bisa langgeng sampai 2017,” kata sumber tersebut.

JAKARTA PUSAT – Seiring kemenangan Joko Widodo dalam pemilu presiden (pilpres) lalu, maka pria yang kini menjabat Gubernur DKI itu akan segera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close