Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Chelsea Cetak Rekor Peminjaman Pemain Terbanyak

Kamis, 04 September 2014 – 02:48 WIB
Chelsea Cetak Rekor Peminjaman Pemain Terbanyak - JPNN.COM
Fernando Teorres dipinjamkan ke AC Milan

jpnn.com - LONDON - Jendela peminjaman pemain Football League (Championship/Divisi I Liga Inggris) baru dibuka pekan depan. Tapi Chelsea sudah mencetak rekor sebagai klub anggota English Premier League (EPL/Divisi teratas Liga Inggris) yang paling banyak meminjamkan amunisinya ke tim lain saat bursa transfer pemain musim panas 2014 ditutup Senin (1/9) pukul 23:00 waktu setempat atau Selasa (2/9) pagi WIB.

Ya, ritual pengeluaran besar dalam daftar belanjaan Chelsea pada setiap jendela bursa transfer tetap jadi tradisi. Itupula yang tersaji pada bursa transfer musim panas 2014. Total sekitar 85,3 juta poundsterling atau setara dengan Rp 1,65 triliun (kurs Selasa 2 September 2014) digelontorkan klub milik Roman Abramovich tersebut guna memboyong lima senjata baru buat Jose Mourinho.

Lima pemain anyar tersebut ialah Cesc Fabregas (27 juta pounds dari Barcelona), Diego Costa (32 juta pounds dari Atletico Madrid), Filipe Luis (15,8 juta pounds dari Atletico Madrid), Loic Remy (10,5 juta pounds dari Queens Park Rangers) dan transfer gratis Didier Drogba dari Galatasaray.

Namun berkat taktik sang pelatih sekaligus pelatih Chelsea, Jose Mourinho, jumlah pengeluaran besar itu tidak akan memberatkan anggaran klub. Demi aturan ketat Financial Fair Play (FFP) UEFA, pria asal Portugal itu juga melepas sejumlah pemain ke klub lain.
David Luiz hijrah ke Paris Saint-Germain senilai 50 juta pounds.

Demba Ba ditarik Besiktas seharga 4,7 juta pounds. Sedang Romelu Lukaku dihargai 28 juta pounds oleh Everton. Berikutnya Samuel Eto’o (ke Everton), Frank Lampard (ke New York City lalu dipinjamkan ke Manchester City), Ashley Cole (ke AS Roma) dilepas secara gratis.

Hasilnya, The Pensioners -julukan lain Chelsea- mendapat pemasukan sekitar 85,2 juta pounds. Artinya, pada bursa transfer musim panas 2014, mereka cuma merugi 100 ribu pounds atau setara dengan Rp 1,9 miliar.

Belum cukup dengan itu, Mourinho dan Chelsea juga berusaha membuat anggaran pengeluaran gaji Tim London Biru makin berimbang, sekaligus menambah jam terbang dan pengalaman para pemainnya. Caranya dengan meminjamkan young guns dan para pemain yang tidak masuk dalam tim utama mereka ke klub lain.

The Blues pun tercatat sebagai klub EPL yang paling banyak meminjamkan pemainnya ke klub lain (26 pemain). Pembagiannya ialah di Inggris ada delapan pemain, Belanda dan Jerman (4), Spanyol dan Italia (3), Prancis (2), lalu masing-masing satu pemain di Cile dan Yunani. Media massa di Inggris menyebut Chelsea jadi salah satu tim yang menjalankan strategi transfer musim panas ini dengan brilian (termasuk Manchester City). (sbn)

LONDON - Jendela peminjaman pemain Football League (Championship/Divisi I Liga Inggris) baru dibuka pekan depan. Tapi Chelsea sudah mencetak rekor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close