Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Genjot Infrastruktur, Gorontalo Bangun Outer Ring Road

Kamis, 16 Oktober 2014 – 23:03 WIB
Genjot Infrastruktur, Gorontalo Bangun Outer Ring Road - JPNN.COM

jpnn.com - GORONTALO – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo akan membangun jalan Gorontalo Outer Ring Road (GORR) yang menghubungkan Bandar Udara Djalaludin dengan  pelabuhan ferry Kota Gorontalo. Proyek jalan sepanjang 45,316 kilometer itu akan menelang anggaran  sebesar Rp 6,9 triliun.

Menurut Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, pembangunan GORR itu ditujukan untuk meningkatkan perekonomian di tiga wilayah di provinsi penghasil jagung itu. Yaitu Kota Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo.

Rusli menjelaskan, pembangunan GORR merupakan satu dari empat program unggulan Pemprov Gorontalo saat ini, yaitu pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan perekonomian rakyat. Rusli menegaskan bahwa GORR penting untuk pembangunan infrastruktur.

“Pembangunan GORR penting untuk mencapai empat tujuan program unggulan Pemprov Gorontalo. Jalan GORR ini akan mampu melancarkan distribusi produk pertanian, perikanan dan peternakan yang menjadi basis ekonomi Gorontalo. Insya Allah tahun ini akan kita akan mulai dan selesai pada 2017 nanti,” kata Rusli.

Pembangunan GORR yang biayanya berasal dari sharing APBN dan APBD, lanjut Rusli, memiliki beberapa manfaat. Di antaranya memudahkan akses jalan ke pusat-pusat kegiatan nasional, memiliki nilai strategis secara nasional, serta memperpendek jarak angkut untuk memangkas biaya transportasi.

Selain itu, GORR juga akan melancarkan angkutan produksi pertanian, perikanan, peternakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat di Provinsi Gorontalo, khusunya di Kabupaten Bone Bolango, Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo. Tidak hanya itu, pembangunan GORR ini juga akan mempermudah akses lintas Sulawesi dari Manado (Sulawesi Utara) ke Gorontalo.

Pembangunan ini juga didasarkan dari peningkatan pengguna lalu lintas pada jalan eksisting utama, yaitu ruas jalan batas Kota Gorontalo dan batas Kota Limboto, juga di Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan data Bina Marga Provinsi Gorontalo, puncak total jumlah kendaraan per hari mencapai 28.73 buah yang menunjukkan tingkat derajat kejenuhan sudah melewati batas yang diizinkan.

“Kami prediksikan 10-20 tahun mendatang Gorontalo memerlukan jalan yang lebar karena pertumbuhan kendaraan sangat pesat. Saya menegaskan, meski jabatan hanya lima tahun, namun saya harus berpikir panjang untuk kehidupan rakyat Gorontalo ke depan. Rakyat harus sejahtera dan pemerintah harus menciptakan itu mulai dari sekarang sesuai moto kami, ‘Nyata Karya Rusli-Idris (NKRI)’,” tutur Rusli.

GORONTALO – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo akan membangun jalan Gorontalo Outer Ring Road (GORR) yang menghubungkan Bandar Udara Djalaludin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close