Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

2020, Kereta Api Kelas Bisnis Ditiadakan

Minggu, 19 Oktober 2014 – 06:51 WIB
2020, Kereta Api Kelas Bisnis Ditiadakan - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA  – PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana untuk menghapus kelas bisnis pada tahun 2020 nanti. Peniadaan kelas ini dilakukan sejalan dengan rencanan peremajaan sejumlah rangkaian lainnya.

Direktur Utama PT KAI Ignasius Johan menuturkan, penghapusan akan dilakukan secara bertahap.

Tahapan tersebut akan disesuaikan dengan kedatangan rangkaian kereta yang direncakana dibeli KAI hingga tahun 2020. Rencananya sendiri, KAI akan membeli 160 rangakaian kereta baru hingga enam tahun ke depan.

Dia menjelaskan, dalam pengadaan KA tersebut akan diprioritaskan sebanyak 60 persen untuk kelas ekonomi. Sedangkan sisanya, akan digunakan untuk rangkaian kelas eksekutif.

“Nantinya, hanya ada kereta kelas ekonomi dan eksekutif saja. Kereta lama akan ditarik dan diganti dengan kereta baru,” ujar Direktur Utama PT KAI Ignasius Johan di Jakarta, kemarin (18/10).

Selain peremajaan, alasan lainnya adalah karena pelayanan kelas bisnis dirasa tanggung. Maksutnya, pelayanan dalam kelas bisnis hampir tak jauh beda dengan kelas ekonomi saat ini. sehingga dinilai akan lebih baik dihilangkan.

Tahun ini sendiri, KAI telah membeli 5 rangkaian kereta ekonomi AC dari PT INKA (Persero), dengan harga sekitar Rp 35 miliar per rangkaian. Sebanyak 2 rangkaian telah dipakai untuk KA Ekonomi AC Jayabaya yang diluncurkan kemarin. Kereta tersebut akan melayani rute Jakarta melalui Pasar Senen) – Malang.

Dalam KA Jayabaru ini, semakin terlihat jelas maksut pelayanan tanggung antara KA Ekonomi dan Bisnis. Sebab, dalam rangkain kereta api ini fasilitas kelas bisnis seperti dipindahkan.

JAKARTA  – PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana untuk menghapus kelas bisnis pada tahun 2020 nanti. Peniadaan kelas ini dilakukan sejalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bisnis

    Citilink Indonesia Terbangi Kendari

    Sabtu, 17 Juni 2017 – 04:16 WIB
    Citilink Indonesia Terbangi Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru

    Rabu, 07 Juni 2017 – 14:15 WIB
    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru - JPNN.com
  • Bisnis

    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari

    Selasa, 30 Mei 2017 – 14:25 WIB
    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru

    Jumat, 26 Mei 2017 – 16:16 WIB
    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru - JPNN.com
X Close