Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

ABCD Coffee Bar Bikin Pasar Tradisional Nyaris Mati Jadi Pasar Gaul (2-Habis)

Dipakai ’’Sekolah’’ Para Artis Film Filosofi Kopi

Selasa, 28 Oktober 2014 – 21:41 WIB
ABCD Coffee Bar Bikin Pasar Tradisional Nyaris Mati Jadi Pasar Gaul (2-Habis) - JPNN.COM
BERGAIRAH: Hendri (kanan) sedang menjelaskan kepada pengunjung warungnya. Berkat ABCD Coffee Bar, Pasar Santa jadi hidup. Foto: Filosofi Kopi The Movie for Jawa Pos

jpnn.com - A Bunch of Caffeine Dealers (ABCD) bukan sekadar warung kopi di pasar tradisional. Ibarat espresso machine, ABCD selama ini juga penghasil barista profesional. Bahkan, beberapa artis pernah merasakan pengalaman belajar mengolah kopi di tengah panasnya Pasar Santa, Kebayoran Baru.

Laporan Gunawan Sutanto, Jakarta

AKTIVITAS di lantai 1 Pasar Santa kemarin siang (27/10) relatif sepi. Padahal, jarum jam telah menunjuk pukul 13.30. Sejumlah kios masih tutup. Termasuk stan yang ditempati A Bunch of Caffeine Dealers.

Rolling grille stan nomor 75-77 itu masih tertutup. Tidak tampak para barista yang sibuk dengan coffee maker-nya seperti saat weekend. Namun, dari dalam stan, terlihat cahaya lampu yang menyala. Terdengar pula suara perbincangan orang.

Ya, siang itu di dalam kios ABCD sedang ada kelas privat barista. Selain menjadi playground dan popup coffee bar tiap akhir pekan, ABCD selama ini menjalankan misi edukasi. Tiap weekday, stan seluas 2 x 6 meter itu menyulap diri menjadi school of coffee.

Meski berada di tengah pasar dan ruangan yang tergolong sempit, belajar-mengajar perkopian di ABCD sangat serius. Ditutupnya warung kopi itu juga dimaksudkan agar para calon barista bisa berkonsentrasi dalam belajar mengolah bubuk kopi.

Menurut Hendri Kurniawan, owner ABCD Coffee Bar, pihaknya memiliki kurikulum yang jelas dalam pembelajaran barista. Kurikulumnya juga disingkat ABCD. Kurikulum A diartikan sebagai Appreciation Class. Di sini para siswa mulai dikenalkan tentang kopi, mulai jenis kopi sampai rasa dan proses roasting-nya.

Kurikulum B untuk Brewing Class. Kurikulum itu mengajarkan sisi teknis sebagai seorang barista. Mulai penggunaan alat sampai teknis penyeduhan. Kurikulum C diartikan Cupping Class. Kurikulum tersebut mengajarkan siswa sebagai pencicip kopi. Soal yang satu ini, Hendri memang ahlinya. Dia penyandang Licensed Q Grader.

A Bunch of Caffeine Dealers (ABCD) bukan sekadar warung kopi di pasar tradisional. Ibarat espresso machine, ABCD selama ini juga penghasil barista

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close