Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tak Masuk Kabinet Tokoh-tokoh Indonesia Timur Berang

Jumat, 31 Oktober 2014 – 04:25 WIB
Tak Masuk Kabinet Tokoh-tokoh Indonesia Timur Berang - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Sejumlah tokoh asal Indonesia Timur berang karena tak ada satupun orang dari  kawasannya yang masuk ke dalam kabinet menteri Jokowi-JK.

Mereka menilai saat ini sudah semakin menurun kesadaran menegakkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang justru dirusak oleh para elite politik yang dekat dengan kekuasaan.

"Inilah fenomena mutakhir di negeri ini. Buktinya baru dalam sejarah Indonesia tak ada keterwakilan dari wilayah kami masuk ke dalam kabinet pemerintahan," ujar Wakil Ketua DPD RI dalam pertemuan para tokoh masyarakat Indonesia Timur di Jakarta, Kamis (30/10).

Pertemuan itu sendiri menyikapi persoalan kebangsaan terakhir pasca terbentuknya Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla (JK). Hadir dalam petemuan antara lain Yopie Lasut (Sulawesi Utara), Daniel Dhuka Tagukawi (Nusa Tenggara Timur), Engelina Pattiasina (Maluku) dan Kris Siner Keytimu (Maluku).

Lalu ada nama Margarito Kamis (Maluku Utara), Laode Ida (Sulawesi Tenggara), Yamin Tawari (Maluku Utara) , Hatta Taliwang (Nusa Tenggara Barat), Phil Erari (Papua Barat), Natalius Pigai (Papua), IG Toebe (Nusa Tenggara Timur) dan lain-lainnya.

Lebih jauh Laode mengungkapkan, media massa di Kalimantan Selatan hari-hari ini marak dengan berita kekecewaan karena tak ada  putra daerah mereka yang duduk di kabinet

"Demikian juga dengan sejumlah tokoh Batak, Maluku, Sultra, dan lain-lain yang sedang tersinggung karena terabaikan oleh Jokowi-JK dan koalisinya," ujarnya.

Dia mengutip pernyataan H. Adhariani, tokoh masyarakat Kalsel yang memprotes, karena tak ada satupun putra daerah Kalimantan duduk di kabinet. Padahal hampur Rp 900 triliun per tahun disumbangkan Kalimantan ke dalam APBN. "Seolah-olah putra Kalimantan tidak ada yang mampu dan pintar," kata Laode.

JAKARTA - Sejumlah tokoh asal Indonesia Timur berang karena tak ada satupun orang dari  kawasannya yang masuk ke dalam kabinet menteri Jokowi-JK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close