Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kantong Kresek Hitam Picu Kanker

Sabtu, 15 November 2014 – 06:25 WIB
Kantong Kresek Hitam Picu Kanker - JPNN.COM

jpnn.com - PALEMBANG – Mungkin masih banyak masyarakat yang belum tahu jika kantong kresek hitam tidak boleh digunakan sebagai wadah makanan. Pasalnya, kantong kresek mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang, Dra Indriaty Tubagus Apt MKes, mengatakan, pihaknya mengaku sering menemukan aktivitas pedagang pangan siap makan yang masih menggunakan kantong plastik hitam.

Padahal, dampak yang akan ditimbulkan jika pangan bersentuhan dengan kantong tersebut cukup berbahaya, yakni perpindahan zat kimia pada kantung hitam ke makanan.

"Kantong hitam digolongkan berbahaya jika bersentuhan langsung dengan makanan,” ujarnya.

Sebab, bahan baku pembuatan kantong yang tidak jelas. Bisa saja bahan baku yang digunakan pembuatan kantong berasal dari limbah, seperti limbah rumah tangga, industri, dan tidak menutup kemungkinan limbah rumah sakit.

Akibatnya, kata dia, akan ada dampak yang ditimbulkan apabila makanan bersentuhan langsung dengan kantong plastik yakni menyebabkan atau memicu penyakit, salah satunya kanker.

“Masyarakat harus kritis, kalau misalnya membeli makanan, dan kantong hitam langsung digunakan sebagai wadah tanpa ada alas lain,” tukas Indri. (wia/vin/ce6)

PALEMBANG – Mungkin masih banyak masyarakat yang belum tahu jika kantong kresek hitam tidak boleh digunakan sebagai wadah makanan. Pasalnya,

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close