Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Twitter Permudah Pencarian Cuitan

Kamis, 20 November 2014 – 04:28 WIB
Twitter Permudah Pencarian Cuitan - JPNN.COM

jpnn.com - TWITTER membuat pengumuman besar pada blog resminya tentang fitur pencarian untuk memudahkan penggunanya mencari tanggal cuitan dari sejak pertama dikirim pada tahun 2006. Dengan indeks baru yang ditawarkan Twitter, maka pengguna microblogging itu akan dapat mengumpulkan lebih banyak cuitan.

Sebelumnya Twitter memiliki indeks real time yang menyimpan tweets dari beberapa minggu terakhir sampai yang terbaru untuk menjaga hasil pencarian terakhir. Sementara indeks pencarian terbaru Twitter ini 100 kali lebih lengkap dan lebih besar daripada indeks real time.

Indeks real time disimpan pada memori RAM untuk menjaga update agar lebih cepat dan tidak ada latency (jeda waktu saat RAM mengakses data tweet yang tersimpan). Sedangkan  full index tidak menggunakan RAM, melainkan Solid State Drive (SSD) .

Selama lima tahun Twitter tidak memiliki mesin pencari sendiri, bahkan untuk tweet terbaru sampai 2011. Baru tahun 2012 Twitter membuat mesin pencari index real time yang dilanjutkan dengan full index pada tahun ini.

Selain mengindeks tweets terdahulu, Twitter juga harus menemukan cara untuk index tweets mendatang. Twitter mempekerjakan ratusan mesin yang menjalankan Hadoop MapReduce untuk mengumpulkan dan mengatur data dalam indeks pencarian seluruh nya. Twitter akan merilis fitur  terbarunya secara bertahap pada Android dan iOS.

Pengguna Twitter dapat memeriksa halaman pencarian lanjutan Twitter yang mempersempit pencarian, berdasarkan kata-kata, orang, tempat dan tanggal. Ini jauh lebih baik daripada melakukan pencarian di situs resmi Twitter yang tidak memiliki rincian pada pencarian lanjutan. Hal ini difokuskan ketika mencari peristiwa besar atau hashtags.(firstpost/mg2/jpnn)

TWITTER membuat pengumuman besar pada blog resminya tentang fitur pencarian untuk memudahkan penggunanya mencari tanggal cuitan dari sejak pertama

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close