Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pergoki Pihak Malaysia Sedang Bersih-Bersih Patok Perbatasan di Nunukan

Juru Pemetaan Malaysia Dikawal Tentara

Jumat, 21 November 2014 – 02:25 WIB
Pergoki Pihak Malaysia Sedang Bersih-Bersih Patok Perbatasan di Nunukan - JPNN.COM

jpnn.com - LUMBIS - Di tengah isu panas eksodus serta Identity Card (IC) sebagian warga perbatasan di Kecamatan Lumbis Ogong, Nunukan Kalimantan Utara, pihak Malaysia justru mengutus wakilnya untuk turun 'kerja' di patok perbatasan, Rabu (19/11) sekitar pukul 12.00 Wita. 

Wakil Malaysia sejumlah 8 orang tersebut, seperti disampaikan Komandan Pos Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Desa Labang, Lettu Infanteri Aris A, adalah pekerja pada bagian juru pemetaan (Jupem) yang dikawal Askar atau tentara Malaysia.

"Kami saat itu sedang patroli rutin, lalu mendapati utusan Malaysia itu sedang bersih-bersih di sekitar patok GP 1-titik perbatasan antara Labang Indonesia dan wilayah Malaysia," ucap Danpos Aris, usai patroli kepada Radar Tarakan (Grup JPNN).

Bersih-bersih dimaksud, lanjut Danpos yang sempat mengkonfrontir kerja utusan Malaysia tersebut, yakni menebas pohon kecil berukuran diamater 5 - 10 cm hingga semak belukar, lalu patok GP 1 itu diberi tanda cat berwarna putih. 

Tanda lain, Malaysia membangun mirip tenda dengan tinggi 1 meter berbentuk huruf L, berukuran panjang kurang lebih 3 meter dan terbuat dari bambu serta beratapkan terpal-juga di cat warna putih. Lalu mereka mengukur ulang titik koordinat wilayah mereka.

Patok GP 1 maupun patok lainnya secara fisik sama, dibuat dari cor semen yang terlihat sangat kokoh, ada tanda tulisan GP,  berkuran kurang lebih 20 x 20 cm persegi dan tinggi kurang lebih 20 cm dari permukaan tanah. 

"Kemungkinan, tanda cat putih itu jadi tanda bagi Malaysia agar lebih mudah dilihat saat pengawasan atau pengukuran dari udara. Tapi mereka juga menjelaskan maksud pengukuran bertujuan untuk menghindari agar jangan sampai pada saat pemetaan  melewati batas ke wilayah Indonesia," ucap Aris.

Dari pantauan Radar Tarakan saat di patok GP 1, terlihat pembungkus makanan ransum buatan tentera Malaysia yang berserakan masuk di wilayah Indonesia, seperti mie instan merk Maggie, ransum tentara, air mineral label K2, wafer coklat dan beberapa sisa kemasan lainnya. 

LUMBIS - Di tengah isu panas eksodus serta Identity Card (IC) sebagian warga perbatasan di Kecamatan Lumbis Ogong, Nunukan Kalimantan Utara, pihak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close