Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemakzulan Ahok Mulai Dirancang

Minggu, 23 November 2014 – 06:28 WIB
Pemakzulan Ahok Mulai Dirancang - JPNN.COM
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Kengototan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam mengajukan Sarwo Handayani sebagai wakil gubernur (Wagub) mengakibatkan situasi politik DKI memanas.

Berdasar kabar terbaru, Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) di DPRD DKI akan menjadi kekuatan utuh. Misi mereka satu, yakni menggulirkan hak interpelasi untuk mendongkel Ahok dari kursi DKI I.

Sumber Jawa Pos di DPRD DKI menyebutkan, untuk memuluskan rencana itu, Ketua Presidium KMP Jakarta Muhamad Taufik berkomunikasi dengan Ketua DPD PDIP DKI Boy Bernadi Sadikin. Mereka merancang skenario.

Tahap pertama, KMP mendukung Boy duduk di kursi Wagub. Namun, setelah beberapa saat, KIH dan KMP bersatu untuk menggulingkan Ahok.

’’Iya, dong. Kalau Ahok turun, otomatis Wagub yang naik menjadi gubernur. Itu langsung diminta Taufik loh,’’ kata sumber tersebut.

Kemudian kekosongan kursi Wagub diisi kader Gerindra. Sebagai Ketua DPD Gerindra, Taufik amat berpeluang. Maklum, selama ini Gerindra memang memendam dendam ’’kesumat’’ kepada Ahok.

Sebab, mantan bupati Belitung Timur yang diusung Gerindra saat Pilkada 2012 tersebut memilih mundur dari partai. Karena itu, Taufik pun terus menggalang kekuatan agar Ahok tidak nyaman menduduki kursi gubernur.

’’Hak interpelasi itu merupakan pintu pertama untuk menjatuhkan Ahok. Nanti, ada hak-hak lain untuk mengoreksi kinerja Ahok,’’ ujar sumber tersebut.

JAKARTA--Kengototan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam mengajukan Sarwo Handayani sebagai wakil gubernur (Wagub) mengakibatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close