Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Malaysia Ragukan Keseriusan Jokowi, Ini Kata JK

Selasa, 25 November 2014 – 23:12 WIB
Malaysia Ragukan Keseriusan Jokowi, Ini Kata JK - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Malaysia meragukan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta TNI dan Polri bertindak tegas dengan menenggelamkan kapal-kapal asing pelaku ilegal fishing yang masuk Indonesia tanpa izin. Namun, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan pernyataan Presiden Jokowi memang ditujukan untuk kapal-kapal yang melanggar kedaulatan perairan Indonesia.

"Yang dimaksud mengganggu itu kalau\bertindak tidak sesuai hukum. Kalau bertindak tidak sesuai hukum, artinya siapa melanggar daerah teritori Indonesia? Itu kan berarti melanggar," kata JK di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa, (25/11).

Menurut JK, aksi penenggelaman kapal bukan hal baru. Bahkan, katanya, kapal-kapal Indonesia tercatat beberapa kali ditenggelamkan oleh pemerintah Australia.

Oleh karena itu, tegas JK, adalah hal yang wajar jika aturan tersebut diberlakukan di Indonesia. "Jadi semua bukan hanya Indonesia yang seperti itu," sambungnya.

Sebelumnya, Menlu Malaysia Anifah Aman meragukan keseriusan Presiden Jokowi tentang perlunya TNI menenggelamkan kapal-kapal asing pencuri ikan. Alasan Anifah, karena Indonesia dan Malaysia terikat dalam nota kesepahaman (MoU) tentang penyelesaian kapal-kapal dari kedua negara yang melanggar batas teritori masing-masing.  

Dalam MoU yang diteken ada 27 Januari 2012 itu, disebutkan bahwa kedua negara hanya boleh mengusir pelaku penangkapan ikan ilegal dan bukan menangkapnya.

Namun, JK justru menyebut Malaysia telah melanggar MoU tersebut. "Nelayan Indonesia pernah ditangkap juga kan?” tandas JK.(flo/jpnn)

JAKARTA - Pemerintah Malaysia meragukan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta TNI dan Polri bertindak tegas dengan menenggelamkan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close