Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rini Diminta Kaji Ulang Pengalihan Listrik Inalum ke PLN

Jumat, 28 November 2014 – 21:14 WIB
Rini Diminta Kaji Ulang Pengalihan Listrik Inalum ke PLN - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Sartono Hutomo menyentil Menteri BUMN Rini Soemarno yang berencana mengalihkan 220 Megawatt (MW) pasokan listrik Inalum ke PT. PLN (Persero) untuk mengatasi krisis listrik di Sumatera Utara (Sumut).

Menurutnya, rencana itu bukan solusi karena akan berdampak pada produksi perusahaan aluminium tersebut, termasuk para pekerjanya. Karena itu Rini diminta memikirkannya kembali.

"Kita berharap menteri BUMN berfikir ulang mengenai rencana itu. Pengalihan tersebut ke depan bisa berdampak kelangsungan pada perkerja. Itu bukan solusi mengatasi kelangkaan listrik di Sumut," kata Sartono Hutomo kepada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Jumat (28/11).

Jika pengalihan pasokan listrik sebesar 220 MW ke PT PLN dilakukan, maka akan menghentikan sekitar 50 persen persen produksi di Inalum. Karena itu dia meminta pemerintah objektif dan realistis dalam menyelesaikan masalah kelistrikan di Sumut agar Inalum bisa tetap eksis beroperasi dan tidak membuat resah pekerja Inalum.

"Pemerintah harus menghargai nasionalisasi Inalum pada November 2013 yang lalu, di mana pemerintah berhasil menasionalisasi aset ini setelah 30 tahun dikelola oleh Jepang, dengan biaya pengakuisisian sebesar Rp 5,5 triliun kurs saat itu," jelasnya.

Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat mengingatkan kapasitas produksi PT Inalum saat ini mencapai 240 ribu ton dari 700 ribu ton kebutuhan alumunium nasional. Inalum juga salah satu perusahaan peleburan alumunium yang sangat lengkap di Asia Tenggara.

"Kalau pemerintah memang serius mengatasi krisis listrik di Sumut, harusnya berupaya membuka kembali PLTGU Begawan dari penyegelan kejaksaan dan mendorong penyelesaian korupsinya," tegas Sartono.(fat/jpnn)

 

JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Sartono Hutomo menyentil Menteri BUMN Rini Soemarno yang berencana mengalihkan 220 Megawatt

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close