Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dibekuk di Bandara Soetta Kemungkinan Jaringan Asahan

Sabtu, 29 November 2014 – 01:40 WIB
Dibekuk di Bandara Soetta Kemungkinan Jaringan Asahan - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Pengamanan di Bandara Kualanamu kebobolan. Anggota sindikat pengedar sabu berinsial MBR, 26, berhasil terbang dari Kualanamu dengan menumpang Lion Air ke Jakarta, Rabu (26/11).

Hanya saja, petugas Avsev Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) berhasil mengendus koper milik salah satu penumpang saat melewati X-Ray. Setelah dibuka, koper berisi  sabu seberat 1,3 kilogram dalam 10 kantong plastik. Barang haram senilai miliaran itu disembunyikan dalam bungkus teh China.

Aparat Polres Bandara Soetta pun menggelandang MBR dan istrinya N, 24, kaget dan langsung pingsan. Rencananya, pasangan yang baru menikah ini akan berbulan madu di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Terkait kasus ini, Juru Bicara Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Pol Sumirat Dwiyanto meyakini, pelaku merupakan bagian dari jaringan internasional yang melibatkan anggotanya di Tanjung Balai Asahan.

"Saya kira itu barang dari Malaysia, yang dikirim melalui Tanjung Balai Asahan," ujar Sumirat kepada JPNN kemarin (28/11).

Dikatakan, wilayah Sumut, khususnya Tanjung Balai Asahan, masih menjadi pintu masuk utama narkoba dari Malaysia. "Seperti kita tahu, bulan lalu kita tangkap beberapa anggota jaringan Tanjung Balai Asahan itu. Dan sebelumnya lagi, ada orang Jakarta yang mengambil barang dari sana (Tanjung Balai Asahan, red), yang merupakan kiriman dari Jakarta," ulas Sumirat.

Terkait bobolnya X-Ray di Bandara Kualanamu, Sumirat tidak berani berspekulasi. Hanya saja, lanjutnya, ada kalanya petugas di bandara keberangkatan sudah mencium adanya barang haram itu dan lantas berkoordinasi dengan petugas di bandara tujuan agar dilakukan penangkapan.

"Kita pernah melakukan cara itu, lolos di Entikong, lantas kita sergap saat di bandara tujuan. Itu strategi saja," kata Sumirat.

JAKARTA - Pengamanan di Bandara Kualanamu kebobolan. Anggota sindikat pengedar sabu berinsial MBR, 26, berhasil terbang dari Kualanamu dengan menumpang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close