Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indosat Tinggalkan CDMA, Bakrie Telecom Masih Sibuk soal Utang

Selasa, 23 Desember 2014 – 04:28 WIB
Indosat Tinggalkan CDMA, Bakrie Telecom Masih Sibuk soal Utang - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Satu per satu operator telekomunikasi di Indonesia meninggalkan teknologi Code Division Multiple Access (CDMA). PT Indosat Tbk (ISAT) mulai mengalihkan pelanggan layanan di teknologi itu yaitu StarOne ke teknologi Global System for Mobile Communications (GSM).

Presiden Direktur dan CEO ISAT, Alexander Rusli mengatakan, sehubungan dengan penataan pita frekuensi radio 800 Mhz untuk keperluan penyelenggaraan jaringan bergerak seluler maka ISAT telah memulai proses migrasi pelanggan layanan telekomunikasi berdasarkan CDMA dengan produk StarOne menjadi pelanggan layanan GSM ISAT. "Terhitung sejak tanggal 22 Desember 2014," ungkapnya dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (22/12).

Aksi ini dilakukan berkaitan dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 30 tahun 2014 tentang Penataan Pita Frekuensi Radio 800 Mhz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler. "Setelah proses migrasi pelanggan layanan CDMA StarOne selesai dilakukan, perseroan tidak lagi menyediakan layanan CDMA StarOne," tegas pria akrab disapa Alex itu.

Proses migrasi pelanggan CDMA ISAT ke GSM itu perlu dilakukan karena meski sudah lama tidak melakukan ekspansi bisnis CDMA, masih ada pelanggan StarOne yang perlu dijaga. StarOne memiliki sekitar 120 ribu pelanggan pada pertengahan 2014. Angka itu terus turun jika dibandingkan sekitar 350 ribu pelanggan pada 2011.

Sebelumnya Alex mengatakan bahwa pelanggan StarOne dalam proses migrasi ke GSM itu tidak harus melakukan penggantian perangkat keras (sim card) dan bahkan tidak perlu mengganti nomor. Sebab sudah ada teknologi yang bisa memertahankan nomor lama dari StarOne itu meskipun teknologinya akan pindah.

Meski begitu, pelanggan StarOne tetap harus melakukan penggantian ponsel (handset) agar bisa menangkap jaringan GSM. Alex mengatakan pihaknya akan berupaya menyediakan dan memberi subsidi untuk ponsel baru itu agar proses migrasi lebih mudah.

Jika operator lain sudah mulai move on dari jaringan CDMA, PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL), pemilik produk CDMA Esia masih sibuk dengan persoalan utangnya. Perusahaan telekomunikasi milik grup Bakrie itu mengklaim sudah menemukan skema penyelesaiannya.

Dalam materi yang dipaparkan ke BEI kemarin manajemen BTEL menyatakan pada 23 Oktober 2014, salah satu kreditur/vendor BTEL yaitu PT Netwave Multi Media telah mengajukan permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) terhadap BTEL.

JAKARTA - Satu per satu operator telekomunikasi di Indonesia meninggalkan teknologi Code Division Multiple Access (CDMA). PT Indosat Tbk (ISAT) mulai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bisnis

    Citilink Indonesia Terbangi Kendari

    Sabtu, 17 Juni 2017 – 04:16 WIB
    Citilink Indonesia Terbangi Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru

    Rabu, 07 Juni 2017 – 14:15 WIB
    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru - JPNN.com
  • Bisnis

    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari

    Selasa, 30 Mei 2017 – 14:25 WIB
    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru

    Jumat, 26 Mei 2017 – 16:16 WIB
    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru - JPNN.com
X Close