Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sarankan Presiden Jokowi Ganti Seluruh Komisioner KPK

Minggu, 25 Januari 2015 – 09:04 WIB
Sarankan Presiden Jokowi Ganti Seluruh Komisioner KPK - JPNN.COM
Presiden Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Jusuf Rizal. Foto: Istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Jusuf Rizal menyarankan agar Presiden Joko Widodo mengganti seluruh komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Langkah ini diyakini upaya untuk menyelamatkan lembaga antirasuah tersebut dalam kondisi saat ini.

"Bekukan dulu aktivitas KPK sambil mencari figur yang lebih bersih dan tidak memiliki rekam jejak negatif agar KPK lebih berani, independen, dan bernyali," tegas Jusuf Rizal dalam keterangannya di Jakarta dilansir Rakyat Merdeka Online (Grup JPNN), Minggu (25/1).

Dia melihat, saat ini KPK seolah tidak memiliki wibawa. Semakin lama integritas pimpinannya makin mengalami degradasi.

Jusuf pun mengingatkan, dari lima pimpinan KPK sebanyak tiga orang menyimpan masalah. Bambang Widjajanto diduga terlibat kasus pemalsuan suara, Pandu Praja sudah jadi terlapor urusan saham perusahaan ke Mabes Polri, dan Abraham Samad terkait dugaan penyalahgunaan wewenang seperti dikemukakan Plt. Sekjen PDIP, Hasto Kristyanto. Sementara Busyro Muqoddas habis masa jabatan. Hanya tersisa Zulkarnain.

Dengan kondisi seperti saat ini, menurut Jusuf, dipastikan kinerja komisioner KPK tidak akan berjalan efektif. Masing-masing sibuk mengurusi masalah hukum yang dihadapi. Secara otomatis roda organisasi KPK akan lemah, sementara begitu banyak pekerjaan rumah yang belum dituntaskan.

"Jika demikian institusi KPK yang seharusnya berjalan baik, tapi karena kelemahan pribadi komisionernya kemudian menjadi beban institusi KPK," tegasnya.

Kembali Jusuf menyarankan, lebih strategis jika Presiden Jokowi mengganti seluruh komisionernya agar tidak membebani KPK. Di samping itu supaya masing-masing pihak konsentrasi pada masalah hukumnya.

"Start from Zero untuk membangun KPK yang lebih kuat," cetus mantan tim relawan SBY-JK (Blora Center) itu.(wid/rmol/jpnn)

JAKARTA - Presiden Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Jusuf Rizal menyarankan agar Presiden Joko Widodo mengganti seluruh komisioner Komisi Pemberantasan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close