Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Asosiasi Maskapai Minta Pemerintah Tak Batasi Harga Tiket

Minggu, 25 Januari 2015 – 17:07 WIB
Asosiasi Maskapai Minta Pemerintah Tak Batasi Harga Tiket - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Asosiasi Maskapai Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carriers Association/INACA) meminta pemerintah tidak ikut campur dalam penentuan tarif batas atas dan bawah pesawat. Sebab, maskapai penerbanganlah yang berhak menentukan tarifnya.

Sekretaris Jenderal INACA, Tengku Burhanudin menyatakan bahwa maskapai penerbangan harus sendirian menanggung beban berat ketika kurs rupiah melemah dan harga minyak dunia melonjak. Menurutnya, dua hal itu mempengaruhi fluktuasi harga tiket pesawat.

"Tarif penerbangan selalu diributkan. Makanya tarif tidak usah diatur. Biarin saja maskapai yang jual tiket dengan harga murah, bisa rugi atau yang jual kemahalan berdampak ke okupansi penumpang," kata Burhanudin dalam diskusi bertema 'Bukan Cari Kambing Hitam Selamatkan Penerbangan Nasional' di  Jakarta Selatan, Minggu (25/1).

Burhanudin manambahkan, ada kelemahan jika tarif batas atas diatur oleh pemerintah. Sebab, ketika terjadi pelemahan rupiah, lonjakan harga minyak maupun naiknya tarif asuransi, maka maskapai harus menaikkan harga tiket agar tidak rugi.

Persoalannya, kata Burhanudin, pemerintah sering lambat meresponnya. "Dan biasanya enggak cepat. Sedangkan kalau tarif batas bawah, dipertanyakan keamanannya," keluhnya.

Oleh karena itu, Burhanudin mengharapkan agar pemerintah mempertimbangkan lagi pengaturan tarif batas untuk sektor penerbangan sehingga tidak menyulitkan maskapai.(flo/jpnn)

JAKARTA - Asosiasi Maskapai Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carriers Association/INACA) meminta pemerintah tidak ikut campur

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bisnis

    Citilink Indonesia Terbangi Kendari

    Sabtu, 17 Juni 2017 – 04:16 WIB
    Citilink Indonesia Terbangi Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru

    Rabu, 07 Juni 2017 – 14:15 WIB
    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru - JPNN.com
  • Bisnis

    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari

    Selasa, 30 Mei 2017 – 14:25 WIB
    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru

    Jumat, 26 Mei 2017 – 16:16 WIB
    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru - JPNN.com
X Close