Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Terancam Keok dalam Persaingan MEA

Senin, 26 Januari 2015 – 04:02 WIB
Indonesia Terancam Keok dalam Persaingan MEA - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Indonesia terancam kalah dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Ini akan terjadi  jika perbankan tidak menurunkan suku bunga kreditnya. Sebab pinjaman bank merupakan modal utama untuk menggerakkan industri.

"Sedikit sekali industri yang mampu tumbuh dengan modal sendiri, mayoritas memakai dana pinjaman bank untuk modal memperluas usaha, apalagi kalau itu industri besar tentu dana yang dibutuhkan tidak sedikit. Mau nggak mau harus pinjam ke bank," ujar Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Gandi Sulistiyanto.

Karena itu dia menilai penurunan suku bunga kredit perbankan mendesak untuk segera dilakukan. Sebab hal itu sudah dilakukan oleh negara-negara lain anggota ASEAN. Setidaknya itu bisa mengurangi beban industri dalam menghadapi MEA. "Industri perlu insentif suku bunga pinjaman supaya lebih berdaya saing menghadapi MEA," tukasnya.

Menurut dia, MEA bisa menjadi peluang sekaligus ancaman bagi industri nasional. MEA menjadi ancaman apabila pemerintah tidak memanfaatkan tahun ini sebagai momentum untuk menggerakkan industri.

"Pengusaha kita mengalami hambatan investasi karena masih tingginya suku bunga pinjaman, padahal industri cenderung padat modal," sambungnya.

Ketua Bidang Advokasi dan Hukum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Tungkot Sipayung menuturkan, dibanding negara-negara ASEAN lain, suku bunga pinjaman di Indonesia jauh lebih tinggi. Saat ini suku bunga pinjaman di Indonesia masih di atas 10 persen, padahal negara tetangga sekitar 5-7 persen. "Perbedaannya cukup jauh," katanya.

Menurut Tungkot, para pelaku sawit yang tergabung dalam Gapki bersama asosiasi lainnya sudah kerap meminta Bank Indonesia (BI) selaku pemangku kebijakan moneter untuk mencari solusi. Namun hingga kini, suku bunga tinggi masih tetap saja diberlakukan. "Masukan seperti ini harusnya didengar pemerintah kalau mau menang di MEA," sarannya.

Dia menambahkan, industri termasuk sektor usaha yang padat modal. Karena itu ada baiknya pemerintah menyediakan dana murah dan jangka panjang.

JAKARTA - Indonesia terancam kalah dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Ini akan terjadi  jika perbankan tidak menurunkan suku bunga kreditnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close