Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cewek Manis Itu Kini Berubah Menjadi Rahmat Nur Hidayat

Senin, 26 Januari 2015 – 10:14 WIB
Cewek Manis Itu Kini Berubah Menjadi Rahmat Nur Hidayat - JPNN.COM
Silviana Putri Damayanti yang kini berubah menjadi Rahmat Nur Hidayat.FOTO: RADAR LAWU

jpnn.com - NGAWI - Perubahan besar dalam hidup Silviana Putri Damayanti atau biasa disapa Vivi dimulai pasca identitasnya berganti dari perempuan menjadi laki-laki.

Setelah menjalani operasi tahap pertama restrukturisasi penis di RSUD dr Soeroto Ngawi, keluarga akan disibukkan dengan pengurusan administrasi kependudukan. Mulai akta kelahiran, kartu keluarga (KK), ijazah SD, dan daftar ulang untuk keperluan data administrasi sekolahnya sekarang di SMPN 3 Ngawi. ''Status dan namanya sudah ganti. Jadi, harus diurus ulang,'' ujar Siti Nurjanah, bibi Vivi alias Rahmat, saat ditemui Jawa Pos Radar Lawu kemarin (25/1). 

Keluarga sudah memutuskan nama baru Vivi adalah Rahmat Nur Hidayat. Jenis kelamin sudah pasti berganti laki-laki. Dia menyebut, perubahan jenis kelamin itu dilakukan setelah Vivi alias Rahmat dinyatakan memiliki kelainan yang dalam istilah medis disebut hipospadia. Itu dikarenakan lubang kencingnya berada di antara skortum, bukan di ujung alat kelaminnya.

Sementara itu, bentuk alat kelaminnya melengkung karena ada jeratan sehingga cenderung terlihat seperti alat kelamin perempuan saat bayi. Di usia 14 tahun, Vivi menjalani operasi tahap pertama pembentukan penis hingga sempurna di RSUD dr Soeroto Ngawi pada 20 Januari 2015. ''Karena sudah pasti statusnya laki-laki, ya kami urus mulai akta kelahiran, KK, dan ijazah. Karena ini menyangkut masa depannya dan identitas barunya,'' jelasnya.

Siti menambahkan, keluarga langsung berkoordinasi dengan pihak sekolah. Sebab, yang mendorong agar ada perubahan status itu justru berasal dari pihak sekolah.

Keluarga tentu berterima kasih atas saran dan masukan pihak sekolah. Karena itu, mereka sepatutnya juga meminta masukan terkait dengan proses selanjutnya setelah ganti status. ''Pak Munir (kepala SMPN 3 Ngawi, Red) itu yang menjalin kerja sama dengan dinkes membantu Rahmat. Termasuk, yang memfasilitasi kebutuhan selama operasi sampai sekarang juga sekolah,'' ujarnya.

Siti menuturkan, dalam waktu dekat, perwakilan keluarga datang ke sekolah. Selanjutnya, mereka akan berkonsultasi dengan Pemerintah Desa Grudo. Pihak desa, kata dia, sudah mengetahui adanya perubahan jenis kelamin itu.

Untuk sementara, keluarga masih berfokus pada kesembuhan Rahmat pascaoperasi tahap pertama. ''Ibunya yang kerja di Surabaya juga izin ke pabriknya demi merawat Rahmat,'' ujarnya.

Dari sisi medis, Vivi alias Rahmat harus bersabar untuk menjadi laki-laki secara sempurna. Sebab, remaja 14 tahun asal Desa Grudo, Kecamatan/Kabupaten Ngawi, tersebut harus dua kali lagi menjalani operasi restrukturisasi penis. (odi/ota/JPNN/c19/bh)

NGAWI - Perubahan besar dalam hidup Silviana Putri Damayanti atau biasa disapa Vivi dimulai pasca identitasnya berganti dari perempuan menjadi

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close