Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PNS di Indonesia Didominasi Tenaga Honorer

Senin, 26 Januari 2015 – 14:51 WIB
PNS di Indonesia Didominasi Tenaga Honorer - JPNN.COM
foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA--Jumlah PNS di Indonesia yang saat ini mencapai 4,37 juta ternyata paling banyak berasal dari tenaga honorer. Sementara, pelamar umum jumlahnya tidak sampai 20 persen dari total PNS.

“Kalau mau bilang pemerintah tidak berpihak ke honorer itu salah. Sejak 2005 hingga 2014, kami sudah mengangkat honorer K2 menjadi CPNS 1,14 juta orang," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi, di Jakarta, Senin (26/1).

Jumlah itu belum ditambahkan dengan rekrutmen sekretaris desa sebanyak 46.021 dan dokter PTT 7.832. Jika dikalkulasikan, proporsi PNS yang berasal dari tenaga honorer mencapai 26,06 persen. Bila digabung dengan Sekdes dan dokter PTT, jumlahnya menjadi 27,3 persen.

“Proporsi PNS yang berasal dari pelamar umum selama pengadaan PNS 2005-2014 hanya 19,45 persen. Dengan demikian tenaga honorer mendominasi jumlah PNS secara keseluruhan," tambah Yuddy.

Yuddy mengakui, kompetensi PNS di Indonesia masih banyak yang di bawah standar. Perekrutan tenaga honorer yang sebagian besar tidak melalui seleksi yang benar dan berbasis kompetensi yang objektif membuat kualitas mereka diragukan. (esy/jpnn)

 

JAKARTA--Jumlah PNS di Indonesia yang saat ini mencapai 4,37 juta ternyata paling banyak berasal dari tenaga honorer. Sementara, pelamar umum jumlahnya

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close