Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Awas, Apel Asal Amerika Ini Bisa Bikin Keguguran

Senin, 26 Januari 2015 – 16:39 WIB
Awas, Apel Asal Amerika Ini Bisa Bikin Keguguran - JPNN.COM
foto: istimewa

jpnn.com - JAKARTA- Pemerintah resmi melarang dua jenis apel asal California, Amerika Serikat diedarkan di Indonesia. Keduanya ialah apel Granny Smith dan Gala yang dijual dengan merek Granny's Best dan Big B  produksi Bidart Bros.

Direktur Jenderal Standarisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Kementerian Perdagangan, Widodo mengatakan, kedua jenis apel itu sebelumnya sudah ditarik dari pasaran di Malaysia karena mengandung bakteri. Karena itu, dia meminta masyarakat Indonesia tak mengonsumsinya.

"BPOM dan Kementerian Pertanian telah menerima informasi bahwa apel Granny Smith dan Gala yang dijual dengan merek Granny's Best dan Big B yang diproduksi oleh Bidart Bros dengan kode CA 93312 diduga terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes," kata Widodo.

Bakteri Listeria monocytogenes tersebut dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi serta anak-anak. Jika sudah infeksi, ibu yang sedang hamil pun bisa mengalami keguguran.

"Orang sehat pun dapat terinfeksi mungkin menderita gejala jangka pendek seperti demam tinggi sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut dan diare," tegas Widodo. (fat/jpnn)

JAKARTA- Pemerintah resmi melarang dua jenis apel asal California, Amerika Serikat diedarkan di Indonesia. Keduanya ialah apel Granny Smith dan Gala

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close