Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kejagung Kembali Ingatkan Asing Hormati Hukum di Indonesia

Rabu, 28 Januari 2015 – 00:23 WIB
Kejagung Kembali Ingatkan Asing Hormati Hukum di Indonesia - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Kejaksaan Agung kembali mengingatkan supaya pihak asing menghormati hukum positif yang berlaku di Indonesia. Ini menyusul adanya penolakan pemerintah dan warga Australia terkait rencana eksekusi mati dua terpidana narkoba asal negeri Kanguru itu, Myuraman Sukuraman dan Andrew Chan. Grasi yang diajukan kedua terpidana komplotan sindikat narkotika internasional Bali Nine ini sudah ditolak Presiden Joko Widodo.

"Dalam persiapan eksekusi kedua, pemerintahan Australia dan masyarakat (Australia) menyatakan penolakan eksekuai warganya," kata Kapuspenkum Kejagung Tony Spontana, Selasa (27/1).

Pada eksekusi mati tahap pertama 18 Januari 2015 lalu, pemerintah Brazil dan Belanda juga protes. Bahkan, mereka menarik duta besar masing-masing dari bumi pertiwi sebagai bentuk protes atas eksekusi mati warganya. Bagi Kejagung, kalau suatu perkara sudah sampai tahap akhir maka eksekusi akan tetap dilaksanakan. Apalagi ketika upaya pengajuan grasi sudah ditolak.

"(Mulai) persidangan tingkat pertama (sampai) upaya hukum grasi telah ditolak, maka mau tidak mau akan dilakukan (eksekusi)," ungkap Tony.

Dia menegaskan, hal ini merupakan kepentingan untuk meneggakan kedaulatan hukum di Indonesia.

"Asing, luar negeri juga harus menghormati kedaulatan hukum Indonesia. Kami punya kepentingan nasional," paparnya.

Saat ini Kejagung tengah melakukan evaluasi segala aspek setelah sukses melaksanakan eksekusi mati tahap pertama. Setelah evaluasi yang diperkirakan selesai akhir Januari 2015 ini, maka proses eksekusi tahap kedua akan dilaksanakan. (boy/jpnn)

 

JAKARTA - Kejaksaan Agung kembali mengingatkan supaya pihak asing menghormati hukum positif yang berlaku di Indonesia. Ini menyusul adanya penolakan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close