Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Dijebak Partai Pendukung Prabowo

Sabtu, 31 Januari 2015 – 00:00 WIB
Jokowi Dijebak Partai Pendukung Prabowo - JPNN.COM
Dari kiri ke kanan Pemerhati Komunikasi PolitikEmrus Sihombing, Pengamat Politik Lelly Arriane, Direktur Eksekutif PolcoMM Institute Heri Budianto, Anggota Komisi III DPR Arsul Sani, dan Pengamat Hukum Konstitusi Bayu Dwi Anggono saat menjadi pembicara pada diskusi 100 Kepemimpinan Jokowi-JK, di Jakarta, Jumat (30/1). Diskusi tersebut membahas polemik KPK VS Polri. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik Heri Budianto memperingatkan Presiden Joko Widodo untuk waspadai manuver Koalisi Merah Putih (KMP) di tengah polemik pencalonan Komjen Budi Gunawan. Menurutnya, dukungan yang mereka tunjukan kepada Jokowi patut dicurigai memiliki motif terselubung.

"Itu (dukungan KMP) jebakan Batman, Jokowi harus hati-hati. Dia bisa kehilangan dukungan politik," kata Heri di Jakarta, Jumat (30/1).

Heri mengingatkan bahwa KMP yang merupakan partai pengusung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa turut berkontribusi menciptakan polemik pergantian Kapolri. Koalisi yang dimotori Golkar itu melihat adanya potensi konflik yang dapat timbul dari pencalonan Budi Gunawan. Karenanya, meski telah berstatus tersangka, KMP tetap memuluskan jalan sang calon tunggal Kapolri saat uji kelayakan di DPR.

Karena itu, lanjut Heri, sangat berbahaya jika Jokowi terbuai oleh manuver KMP. Apalagi kalau mantan Gubernur DKI Jakarta itu sampai memutuskan tinggalkan partai-partai pengusungnya yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan bergabung dengan KMP.

"Kalau Jokowi masuk KMP bahaya juga, karena di sana ibaratnya ruang gelap. Jokowi belum mengenal KMP, bisa-bisa tambah dikerjain. Lagipula belum tentu KMP mau menerima Jokowi. Bisa saja mereka menolak dengan berbagai alasan dan Jokowi kehilangan semua dukungan poltik," paparnya.

Lebih lanjut Heri menyarankan Jokowi agar mengambil langkah memperbaiki komunikasi dengan KIH. Pasalnya, bagaimanapun juga koalisi yang dimotori PDI Perjuangan itu lebih mudah dikendalikannya.

"Dari pada ngurus yang gak jelas lebih baik beresin yang sudah ada," pungkasnya. (dil/jpnn)

JAKARTA - Pengamat politik Heri Budianto memperingatkan Presiden Joko Widodo untuk waspadai manuver Koalisi Merah Putih (KMP) di tengah polemik pencalonan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close