Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prancis Resmi Buka Investigasi Kriminal AirAsia QZ8501

Sabtu, 31 Januari 2015 – 10:17 WIB
Prancis Resmi Buka Investigasi Kriminal AirAsia QZ8501 - JPNN.COM
ilustrasi

jpnn.com - PARIS - Prancis mulai penasaran dengan musibah AirAsia QZ8501, pesawat penerbangan Surabaya-Singapura yang jatuh di Selat Karimata, Kalimantan Tengah, 28 Desember 2014. 

Terlebih lagi, dalam laporan awal Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terungkap bahwa pesawat nahas itu jatuh saat dikendalikan oleh co-pilot yang kebetulan berkebangsaan Prancis, Remi Immanuel Plesel.

Prancis tak tinggal diam. Seperti dilansir dari AFP dan Channel NeswAsia, Sabtu (31/1), pengadilan di Prancis resmi membuka penyelidikan atau investigasi kriminal atas kecelakaan ini. 

"Seorang hakim akan menyelidiki kemungkinan "pembunuhan" sehubungan dengan kecelakaan yang (diduga kuat) menewaskan 162 orang di dalamnya," sebut salah seorang sumber di pengadilan.

Keluarga Plesel di Prancis pun secara terpisah mengajukan tuntutan terhadap AirAsia Indonesia dengan dugaan atau tuntutan 'membahayakan kehidupan orang lain', menyusul adanya pernyataan dari otoritas Indonesia (Kementerian Perhubungan) bahwa penerbangan nahas itu tidak memiliki izin.

"Keluarga Remi Plesel itu senang atas dibukanya investigasi kriminal ini. Kami berharap akan mengungkapkan kebenaran. Ini akan memungkinkan kita untuk akhirnya mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tepat," kata pengacara keluarga Plesel, Eddy Arneton. (adk/jpnn) 

PARIS - Prancis mulai penasaran dengan musibah AirAsia QZ8501, pesawat penerbangan Surabaya-Singapura yang jatuh di Selat Karimata, Kalimantan Tengah,

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close