Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Walah, 14 Perusahaan Penerima PMN Ternyata Bermasalah

Sabtu, 31 Januari 2015 – 19:14 WIB
Walah, 14 Perusahaan Penerima PMN Ternyata Bermasalah - JPNN.COM
dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua BPK, Achsanul Qosasi mengungkapkan, sebanyak 14 dari 35 perusahaan pelat merah yang diusulkan mendapatkan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) dalam APBN-P 2015 ternyata bermasalah.

Pasalnya, ada temukan BPK yang belum mereka selesaikan terkait dana senilai lebih dari Rp 60 triliun itu. Beberapa perusahaan itu di antaranya ialah Antam, Angkasa Pura, Bulog, PT Garam, PTPN, Pelni, Pindad dan KAI.

"Dari 35 BUMN, ada 14 yang memiliki catatan dan temuan signifikan yang belum diselesaikan. Namun, ke-14 BUMN tersebut bukan tidak layak. Tapi, jika mereka cepat menyelesaikan temuan dengan BPK, catatan tersebut bisa terselesaikan,” terang Achsanul di Jakarta, Sabtu (31/1).

Achsanul menambahkan, BPK sudah memberikan sejumlah catatan kepada Menteri BUMN Rini Soemarno dan DPR guna dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Terutama, BUMN yang masih memilki catatan khusus dari BPK.

"PMN 2015 ini adalah PMN terbesar. Sebanyak 35 BUMN yang menerima PMN memang harus didalami oleh teman-teman DPR. Jika dilihat dari sektor usaha, mereka layak menerima PMN karena memang sesuai dengan program pemerintah," tegas Achsanul.

PMN yang diusulkan pemerintah melalui RAPBN-P 2015 terbagi dalam tiga jenis usaha. Yakni, infrastruktur senilai Rp39,8 triliun, sumber daya alam (Rp 14,8 triliun) serta keuangan dan perbankan sebesar (Rp 9 triliun). Sementara, sisanya lebih pada penyehatan BUMN itu sendiri. (fat/jpnn)

 

 

JAKARTA - Wakil Ketua BPK, Achsanul Qosasi mengungkapkan, sebanyak 14 dari 35 perusahaan pelat merah yang diusulkan mendapatkan dana Penyertaan Modal

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close