Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Demi Produktivitas Minyak, Pertamina Disarankan Memakai Teknologi Rusia

Minggu, 01 Februari 2015 – 17:16 WIB
Demi Produktivitas Minyak, Pertamina Disarankan Memakai Teknologi Rusia - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) disarankan menggunakan teknologi Nano dalam mengeksplorasi minyak yang ada di wilayah Indonesia. Selain bisa menambah produktivitas sumur, Nano bisa juga mengaktifkan kembali sumur-sumur minyak yang tidak lagi berproduksi.

Teknologi yang disebut digunakan pertama kali di Rusia ini, sudah digunakan oleh beberapa negara penghasil minyak dunia. "Sudah saatnya pemerintah melalui Pertamina melakukan terobosan mengangkat produktivitas minyak dengan menggunakan tekhnologi ini," ujar Rosa Richir, dari Himpunan Magister Teknik Perminyakan Universitas Trisakti, kepada wartawan, Minggu (1/2).

Rosa berharap Indonesia dapat segera menggunakan teknologi ini dalam waktu dekat. "Kalau ini digunakan di Indonesia, saya yakin produkitifitas minyak Indonesia akan naik sebesar 20 persen," jelasnya.

Teknologi Nano ini pertama kali dikenalkan perusahaan asal Rusia, yakni PT Novomet Artificial Lift. Direktur PT Novomet Indonesia Alexander Maltsev, menjelaskan jika teknologi yang dimilikinya ini dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi.

"Kami siap membantu Indonesia untuk stabilisasi produksi minyak melalui pemanfaatan teknologi baru," ujar Maltsev.

Melalui teknologi yang telah dikembangkannya, Alexander menjelaskan, pihaknya dapat membantu reaktivasi sumur-sumur minyak yang tak lagi berproduksi, membangun sumur-sumur dalam beragam kondisi ekstrem serta menyediakan peralatan produksi minyak dengan masa pemakaian yang lebih panjang.

"Teknologi kami sudah dipakai di sekitar 15 negara. Saat ini kami masuk pada fase berikutnya untuk melakukan penetrasi di kawasan Asia Pasifik. Saya yakin dengan kerjasama dari masyarakat Indonesia dan teknologi baru, rasanya kita bisa membuat Indonesia menjadi pemimpin di kawasan ini," tandasnya.

Dari peneliti Poverep Energy Institute, Zainal Achmad mengatakan hingga saat ini kondisi cadangan minyak dan gas bumi yang ada di Indonesia semakin terbatas. sementara pertumbuhan peningkatan cadangan minyak berjalan sangat lambat.

JAKARTA - Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) disarankan menggunakan teknologi Nano dalam mengeksplorasi minyak yang ada di wilayah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close