Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Batu Akik Sumsel Tembus Pasar Eropa

Senin, 02 Februari 2015 – 00:19 WIB
Batu Akik Sumsel Tembus Pasar Eropa - JPNN.COM
dok jpnn

jpnn.com -  

JAKARTA- Demam batu akik tak hanya terjadi di Indonesia. Batu akik kini juga diminati di sejumlah negara. Bukan hanya kawasan Asia Tenggara, tetapi sudah menjangkau Eropa.

Setidaknya, itulah klaim Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin. Beberapa negara kini sudah mengimpor batu akik dari Sumsel. Di antaranya ialah Korea Selatan, Thailand, ‎Vietnam serta sejumlah negara di Eropa.   

“Sudah banyak pekerja informal bahkan formal banyak terbantu oleh kegiatan pengrajin akik. Untuk di Sumsel sendiri tambang  batu akik terbanyak di Baturaja OKU dan di Muratara,” terang Alex, Minggu (1/2).

Jenis batu yang banyak dicari masyarakat saat ini selain bacan Maluku. Selain itu, ada batu biru langit yang berasal dari dusun Tanjung Lengkayap  OKU. Kemudian, jenis batu sunkis dan lavender.   

“Saat ini di Sumsel ada sejumlah sentra penjualan batu akik. Seperti di sepanjang jalan Jenderal Soedirman Palembang mulai dari simpang Internasional Plaza hingga ke Pasar Cinde‎,” tegas Alex. (boy/jpnn)

jpnn.com -  

 

  JAKARTA- Demam batu akik tak hanya terjadi di Indonesia. Batu akik kini juga diminati di sejumlah negara. Bukan hanya kawasan Asia Tenggara,

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close