Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waduh! General Motors Rumahkan 500 Karyawan

Jumat, 27 Februari 2015 – 06:17 WIB
Waduh! General Motors Rumahkan 500 Karyawan - JPNN.COM
Chevrolet Spin produksi GM di pabrik yang ada di Bekasi. Foto: Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - General Motors (GM), akan menutup fasilitas produksi di Bekasi dan merumahkan sekitar 500 karyawan. Raksasa otomotif asal AS yang merupakan Pemilik merek Chevrolet itu bertransisi menjadi perusahaan distribusi di Indonesia.

Wakil Presiden Eksekutif GM dan Presiden GM International Stefan Jacoby menuturkan, sebagai bagian dari fokus berkelanjutan dalam memperkukuh kinerja operasi secara global, GM berencana menghentikan kegiatan produksi pada Juni 2015.

GM Indonesia, lanjut dia, tetap berada di Indonesia dengan produk-produk unggulan. Misalnya, Chevrolet Orlando, Captiva, dan Trailblazer. Pabrik di Bekasi sejauh ini memproduksi Chevrolet Spin. ’’GM Indonesia sedang mengalami transformasi yang lebih berorientasi pada pasar,’’ kata dia Kamis (26/2).

Transformasi tersebut diyakini akan memperkuat struktur bisnis dan jaringan pemasaran dengan fokus pada pengembangan merek Chevrolet, serta menghadirkan produk-produk berkualitas dan kompetitif.

Beberapa faktor turut menentukan keputusan GM. Termasuk biaya material yang tinggi dan makin berkurangnya potensi pemanfaatan pemasok dalam negeri karena skala produksi yang terbatas. Langkah yang ditempuh perseroan itu berdampak pada sekitar 500 karyawan di pabrik Bekasi.

Pabrik yang seluruh sahamnya dimiliki GM tersebut dibuka pada 1995. Kemudian, fasilitas itu diaktifkan kembali pada Mei 2013 setelah berhenti produksi pada 2005. Pabrik Bekasi saat ini memproduksi Chevrolet Spin untuk kebutuhan dalam negeri dan pasar ekspor di Asia Tenggara.

Penjualan Spin jauh dari harapan. Produksinya berkisar 25 persen di antara total kapasitas, yakni 40 ribu unit per tahun. Selama 2014, Chevrolet hanya menjual 8.412 unit Spin dan mengekspor 3.000 unit.

’’Kami memiliki karyawan yang sangat andal. Buktinya, Chevrolet Spin telah mendapat pengakuan sebagai mobil berkualitas dari pelanggan, kalangan industri, dan GM,’’ tutur Presiden GM Southeast Asia Operations Tim Zimmerman.

JAKARTA - General Motors (GM), akan menutup fasilitas produksi di Bekasi dan merumahkan sekitar 500 karyawan. Raksasa otomotif asal AS yang merupakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close