Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Muncul Spekulasi, Kopilot Germanwings Sengaja Jatuhkan Pesawat

Jumat, 27 Maret 2015 – 05:55 WIB
Muncul Spekulasi, Kopilot Germanwings Sengaja Jatuhkan Pesawat - JPNN.COM
Seorang anggota Tim SAR Germanwings, tampak di sekitar lokasi kecelakaan di Pegunungan Alpen Prancis, di atas kota Seyne-les-Alpes, tenggara Prancis. Foto: Guillaume Horcajuelo - EPA/time

jpnn.com - DI tengah evakuasi dan penyelidikan jatuhnya pesawat Germanwings di kawasan pegunungan Alpen, pada Selasa (24/3), muncul dugaan bahwa pesawat yang masih menginduk kepada maskapai Lufthansa ini sengaja dijatuhkan....

Seorang jaksa di Prancis Brice Robin, lewat konferensi pers di Marseille mengungkap, kopilot dari Burung Besi nomor penerbangan 4U9525 ini sengaja menabrakkan pesawat saat dia sedang sendiri di dalam kokpit.

Sementara kapten pilot dengan sengaja dibiarkan berada di luar kokpit yang terkunci.

Mengutip bukti-bukti yang terungkap dari Cockpit Voice Recorder (CVR), Robin mengatakan ada jeda waktu sekitar 8 menit terakhir penerbangan, kopilot bernama Andreas Lubitz (warga Jerman berusia 28 tahun), tidak bersuara saat pesawat menukik turun. 

"Lubitz masih terdengar bernapas hingga benturan terjadi," ujar Jaksa Robin seperti dilansir dari The Guardian, Kamis (26/3).

Robin menjelaskan, Lubitz seharusnya tidak punya alasan untuk melakukannya, apalagi dia tidak ada hubungan dengan kelompok teroris. 

"Tidak ada yang menganggap ini adalah aksi teroris. Untuk 20 menit penerbangan, pilot berbicara secara normal dan ceria. Kami mendengar komandan penerbangan mempersiapkan briefing untuk mendarat di Dusseldorf dan respon dari kopilot tampak singkat. Kemudian kami mendengar komandan meminta kopilot untuk mengambil kontrol. Kami mendengar pada saat yang sama suara kursi didorong kembali dan suara pintu ditutup," beber Robin.

Robin mengasumsikan bahwa komandan penerbangan harus pergi ke toilet. "Pada saat itu, kopilot sendirian di kontrol, dan saat itu dia mencoba memanipulasi sistem pemantauan penerbangan, terbukti dengan turunnya pesawat. Tindakan memilih ketinggian hanya bisa dilakukan jika itu yang dipilih," kata Robin.

DI tengah evakuasi dan penyelidikan jatuhnya pesawat Germanwings di kawasan pegunungan Alpen, pada Selasa (24/3), muncul dugaan bahwa pesawat yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close