Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tentang Penyakit yang Menyerang Olga Syahputra

Sabtu, 28 Maret 2015 – 04:57 WIB
Tentang Penyakit yang Menyerang Olga Syahputra - JPNN.COM
Olga Syahputra. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos

jpnn.com - OLGA Syahputra meninggal dunia. Pihak keluarga artis dan komedian itu sempat menyatakan jika Olga terkena kanker kelenjar getah bening dan meningitis.

Seperti apa karakter penyakit itu? Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Profesor Tjandra Yoga Aditama memberikan sedikit gambaran.

Untuk penyakit meningitis atau biasa disebut radang selaput otak, biasanya disebabkan oleh kuman atau virus yang menyerang membran selaput otak.

Gejala yang ditimbulkan beragam. Mulai dari sakit kepala dan leher kaku dengan disertai demam, vertigo hingga kejang.

"Intinya sih gangguan saraf. Itu juga tergantung dari stadium penyakit. Karena bisa sampai meninggal juga," ungkapnya saat dihubungi kemarin.

Sementara, untuk kanker kelenjar getah bening biasanya dimulai dengan adanya pembengkakan kelenjar getah bening. Gejala umumnya, adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening yang ada dalam tubuh. Lokasi kelenjar ini sendiri tersebar diseluruh tubuh manusia, disekitar pembuluh darah.

"Kalau orang biasanya menyebutnya ada benjolan. Tapi itu sebetulnya tidak terlihat. Karena benjolan ada di dalam tubuh," tutur pria yang juga aktif sebagai staf pengajar Fakultas Kedokteran Departemen Paru dan Kedokteran Respirasi Universitas Indonesia itu.

Sama dengan meningitis, Prof Tjandra juga mengatakan bahwa penyakit kanker kelenjar getah bening ini juga dapat menimbulkan kematian pada tingkat paling berat. Namun, ada juga kasus yang dapat disembuhkan.

OLGA Syahputra meninggal dunia. Pihak keluarga artis dan komedian itu sempat menyatakan jika Olga terkena kanker kelenjar getah bening dan meningitis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close