Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ternyata Ini yang Menyebabkan Bus Transjakarta Terbakar

Senin, 30 Maret 2015 – 09:48 WIB
Ternyata Ini yang Menyebabkan Bus Transjakarta Terbakar - JPNN.COM
Transjarta yang terbakar. FOTO: JAWA POS

jpnn.com - BAGI warga Ibu Kota, melihat bus Transjakarta mengalami permasalahan di tengah perjalanannya seperti sudah biasa. Bahkan pada Minggu (8/3) silam, bus Transjakarta merek ZhongTong mengalami kebakaran. Karena itulah, puluhan bus ZhongTong yang lain dikandangkan untuk menjalani pemeriksaan.

Pemeriksaan itu dilakukan Agen Pemegang Merek (APM)ZhongTong. Hasil pemeriksaan itu pun akhirnya dirilis. 

Direktur PT Transportasi Jakarta Antonius Kosasih menuturkan, bus Transjakarta merek ZhongTong yang ‎terbakar disebabkan tidak berputarnya salah satu komponen kecil di bagian belakang kanan bus. 

Hal ini diduga karena terendam banjir. Sehingga, komponen itu mengalami gesekan dengan tali pemutar mesin. Alhasil, menimbulkan bara api yang kemudian menyala karena tertiup angin dari kipas mesin. 

Menurut Kosasih, penyebab kerusakan itu sudah ditangani oleh produsen bus ZhongTong. Mereka sudah mengganti dengan komponen baru. Selain itu, penggantian juga dilakukan terhadap komponen yang mudah terbakar.

Kosasih menjelaskan, sudah dilakukan pengetesan terhadap seluruh bus ZhongTong. Tes itu berupa mesin dinyalakan terus dalam jangka waktu lama.

"‎APM sudah menjalankannya di Koridor 9 tanpa penumpang, tapi dimuati beban yang bobotnya sama dengan penumpang. Hasilnya cukup laik dan aman," tandas Kosasih. (gil/jpnn)

BAGI warga Ibu Kota, melihat bus Transjakarta mengalami permasalahan di tengah perjalanannya seperti sudah biasa. Bahkan pada Minggu (8/3) silam,

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close