Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mau Makan Durian Gratis? Segera ke Sini

Senin, 30 Maret 2015 – 11:10 WIB
Mau Makan Durian Gratis? Segera ke Sini - JPNN.COM
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat menikamti durian di festival Buah Lokal di Taman Blambangan Banyuwangi. FOTO: ist

jpnn.com - BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi terus mendorong komoditas buah-buahan dan sayuran yang ada di wilayahnya. Salah satunya dengan mengadakan Festival Buah Lokal di Taman Blambangan Banyuwangi.

Berbagai komoditas hortikultura buah-buahan, seperti durian, semangka, melon, rambutan, pisang, buah naga, jeruk, jambu biji, belimbing dijajakan di sana. Selain itu, ada hortikultura sayuran, seperti cabai dan tomat.

Yang menarik, di festival yang digelar sejak 28 Maret hingga 3 April itu, wisatawan berkesempatan makan durian gratis.

Terdapat 36 stan buah yang menjajakan buah-buahan khas Banyuwangi, termasuk durian merah yang memiliki cita rasa legit dan manis. 

Selain durian merah, durian lokal sebangsa durian kasur, bokor, lei, dan durian bajul juga tampak memenuhi festival ini. Bahkan saat pembukaan festival ini, ratusan durian lokal disusun menyerupai gunungan untuk diberikan gratis kepada pengunjung.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, festival ini diharapkan bisa menjadi sarana promosi buah lokal asal Banyuwangi dan mendongkrak pendapatan petani buah. “Selain meningkatkan nilai jual dan keuntungan pedagang buah, festival ini digelar sebagai ajang belajar melayani pembeli dengan penyiapan packaging (kemasan) yang baik,” ujar Anas.

Dalam festival ini, pengunjung bisa memborong buah dengan harga miring. Buah manggis, misalnya, yang biasanya dijual Rp 13 ribu per kg, di festival ini dijual dengan Rp 9 ribu per kg. Begitu juga dengan jambu kristal yang biasanya satu kilogram mencapai Rp 20 ribu, di festival cukup Rp 15 ribu.

Saat ini produktivitas buah lokal terus di Banyuwangi terus mengalami peningkatakan Misalnya, buah  tahun 2012 produksi buah naga Banyuwangi sebesar 12.936 ton dan meningkat 16.631 ton di tahun 2013. Pada tahun 2014 meningkat secara signifikan sebesar 28.819 ton. Adapun manggis dari 8.644 ton pada 2012 terus meningkat menjadi 16.224 ton pada 2014. (eri/mas)

BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi terus mendorong komoditas buah-buahan dan sayuran yang ada di wilayahnya. Salah satunya dengan mengadakan Festival

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close