Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspadai Resiko Fatal Dibalik Klaim Terapi dan Diet Penyembuh Kanker

Selasa, 31 Maret 2015 – 00:00 WIB
Waspadai Resiko Fatal Dibalik Klaim Terapi dan Diet Penyembuh Kanker - JPNN.COM

Pakar kanker Australia memperingatkan pasien kanker agar tidak sembarangan mengikuti metode diet di internet yang diklaim dapat menghadirkan keajaiban bagi kesembuhan mereka. Selain khasiatnya belum dibuktikan secara klinis, diet dan terapi aneh dan ajaib yang mereka jalani justru dapat menyebabkan penyakit kanker mereka semakin sulit diobati.

Peringatan ini diungkapkan pakar kanker Profesor Ian Haines mengomentari maraknya promosi diet  aneh dan bagus di forum online yang diklaim pelakunya dapat mengubah hidup Anda.

"Pelaku diet kini memiliki media untuk mengungkapkan pandangan mereka melalui internet dan media sosial, oleh karena itu saya kira sekarang ada banyak persaingan di ruang komunikasi,"

Salah satu contohnya adalah promosi diet oleh seorang wanita di Australia bernama Freelee the Banana Girl, yang mempromosikan gaya hidup diet tinggi karbo, makanan mentah dan vegetarian. Dalam salah satu video blog yang diunggahnya ke internet, Freelee mendokumentasikan dalam satu hari dia mengkonsumsi hingga 50 buah pisang.

Freelee, Gadis pisang ini hanyalah satu dari banyak forum online yang mempromosikan diet aneh dan bagus yang mengklaim dapat mengubah hidup Anda.

Ribuan warga Australia mengadopsi regime makanan yang baru ini berdasarkan apa saja mulai dari diet paleo hingga pendekatan anti-gula.

Ada juga diet yang menjanjikan dapat menyelamatkan hidup orang melalui beragam aturan mulai dari terapi enema kopi hingga diet hanya mengkonsumsi jus.

Professor Haines memperingatkan dampak dari ledakan pengobatan yang belum terbukti khasiat medisnya di internet, terutama bagi pasien kanker.

Pakar kanker Australia memperingatkan pasien kanker agar tidak sembarangan mengikuti metode diet di internet yang diklaim dapat menghadirkan keajaiban

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close