Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mengikat Anggotanya di Tiang Bendera, Polisi Main Hakim Sendiri

Selasa, 31 Maret 2015 – 08:46 WIB
Mengikat Anggotanya di Tiang Bendera, Polisi Main Hakim Sendiri - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) angkat bicara dengan langkah Kepolisian Sektor Gambir yang mengikat salah seorang oknum anggotanya di tiang bendra karena diduga mengonsumsi narkoba. Hukuman tersebut dinilai sangat tidak tepat. Bahkan berpotensi melanggar aturan perundang-undangan yang ada.

Menurut saya kurang pas kalau anggota harus diikat. Sebaiknya serahkan provost biar diperiksa,” ujar Komisioner Kompolnas Edi Saputra Hasibuan kepada JPNN, Senin (30/3).

Menurut Edi, pengikatan di tiang bendera tidak memiliki dasar hukum, meski disebut bagian dari pembinaan. Karena itu tidak heran jika kemudian Edi menilai tindakan tersebut dapat dikategorikan perbuatan main hakim sendiri.

“Kan ada hukum yang mengatur. Sebaiknya semua tindakan di kepolisian harus sesuai aturan. Mengikat di tiang listrik itu adalah main hakim sendiri dari komandannnya,” ujar Edi.

Sebagaimana diketahui, anggota Polsek Gambir Brigadir Kepala (Bripka) SW dihukum atasannya dengan cara diikat di tiang bendera Mapolsek, Sabtu (28/3). SW terindikasi menggunakan narkoba. Hal ini diketahui setelah dilakukan pemeriksaan tes urine.

Kapolsek Gambir AKBP Susatyo Purnomo Condro mengatakan, ‎SW merupakan pemakai narkoba. SW, sambung Susatyo, menggunakan narkoba jenis sabu-sabu. “(SW) pemakai. Dia menggunakan sabu," katanya saat dihubungi, Senin (30/3).

Susatyo mengatakan kepolisian masih melakukan penyidikan terkait kasus SW. Namun yang pasti, dia mengungkapkan, SW akan menjalani proses rehabilitasi‎. "Nanti kami rehabilitasi," ujarnya.(gir/jpnn)

JAKARTA – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) angkat bicara dengan langkah Kepolisian Sektor Gambir yang mengikat salah seorang oknum anggotanya

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close