Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cobalah...Yoga Jenis Ini Fokus Membakar Lemak

Rabu, 01 April 2015 – 05:15 WIB
Cobalah...Yoga Jenis Ini Fokus Membakar Lemak - JPNN.COM
Gunasekaran berpasangan dengan Atin Prasetyo, diapit Connie (kiri) dan Herlina. Foto: Angger Bondan/Jawa Pos

jpnn.com - HOT yoga. Meditasi di ruangan yang bersuhu 38 Celsius ini  dapat membentuk stamina dan mendorong detoksifikasi tubuh.

Gunasekaran, instruktur yoga asli India, menyatakan, latihan itu berfokus pada pembakaran lemak. Saat berlatih, akan banyak keringat yang terkuras. Latihan yang berdurasi 50 menit tersebut bertumpu pada hatha dan vinyasa yoga.

Hatha mengharmonikan aliran energi secara perlahan untuk meningkatkan suhu tubuh. Rangkaian gerakan itu berada di tengah pergerakan beruntun sun salutations. Terdiri atas latihan berdiri, pose keseimbangan, pose duduk yang diakhiri dengan gerakan relaksasi.

Sementara itu, vinyasa yoga mencakup enam postur yang menyinkronkan setiap pose dengan pernapasan perlahan. ”Hasilnya bisa meningkatkan suhu tubuh, melatih keseimbangan, kekuatan, dan daya tahan,” jelasnya.

Dia menambahkan, hot yoga memiliki 26 gerakan yang secara rutin dilakukan. Sebaiknya, dalam seminggu dilakukan 2–3 kali hot yoga. Latihan tersebut boleh dilakukan remaja berusia 15 hingga dewasa berusia 50 tahun.

Alasannya, faktor ruangan yang panas akan menambah ketegangan pada jantung dan ketahanan.

”Orang yang melakukan yoga ini seharusnya memiliki kondisi kardiovaskular (jantung-pembuluh darah) yang sehat, kondisi panggul, lutut, dan tulang belakang yang prima. Serta tidak memiliki gangguan saraf atau kesimbangan,” katanya.

Dia menambahkan, beraktivitas fisik di ruangan bersuhu tinggi berbahaya bagi orang yang memiliki gangguan kesehatan tertentu. Misalnya, penderita hipertensi, tekanan darah rendah, ataupun menderita penyakit jantung.

HOT yoga. Meditasi di ruangan yang bersuhu 38 Celsius ini  dapat membentuk stamina dan mendorong detoksifikasi tubuh. Gunasekaran, instruktur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close