Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kisah Heroik Tim Elite BNN, Hampir Gila 3 Tahun Mengintai tanpa Hasil

Kamis, 02 April 2015 – 04:42 WIB
Kisah Heroik Tim Elite BNN, Hampir Gila 3 Tahun Mengintai tanpa Hasil - JPNN.COM
Ilustrasi. FOTO: PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS

Prestasi Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam memberantas peredaran narkoba di tanah air patut diapresiasi. Selain mencegah, BNN berhasil membongkar kasus penyelundupan dan peredaran dengan jumlah barang bukti fantastis. Prestasi itu tidak bisa dilepaskan dari tim elite yang mereka miliki.
 
ALLAF DZIKRILLAH, Jakarta 
 
Tatang Arena (bukan nama sebenarnya, Red) mencoret 5 Januari di kalender yang berada di lantai 2 kamar kos di perkampungan nelayan dekat Pelabuhan Dadap, Kota Tangerang. Tanggal tersebut istimewa. Sebab, pada hari itu, anaknya merayakan ulang tahun. Tanggal tersebut juga istimewa karena genap tiga tahun lalu Tatang terpaksa meninggalkan pesta ulang tahun sang anak karena mendapat perintah menyelidiki kasus.

Sambil terus mengarahkan teropong ke arah pelabuhan tikus tersebut, Tatang mengambil ponsel dan menelepon handphone istrinya. ”Halo, Bunda, mana adek?” katanya. Sang istri langsung menyerahkan telepon tersebut ke anaknya yang sedang bersama teman-temannya merayakan ulang tahun di restoran cepat saji. ”Selamat ulang tahun ya, Nak. Bagaimana pestanya? Kamu mau dikado apa?” ujarnya.

Sang anak yang kini sudah berusia enam tahun dengan polos menanyakan kedatangan ayahnya dan mengucapkan selamat ulang tahun secara langsung. Air mata Tatang bercucuran tanpa disadari. Dia pun mengalihkan pertanyaan sang anak dengan menanyakan kado-kado yang diterima dari teman-temannya serta suasana acara. Rongga dadanya serasa meledak lantaran rasa haru bercampur pengharapan yang dalam.

Pagi itu, tinggal Tatang yang berada di sana. Padahal, saat berangkat tugas pada 2012, dia bersama satu tim intelijen BNN. Mereka berangkat untuk mengintai aktivitas sindikat narkoba asal Guangzhou, Tiongkok. BNN mendapat informasi bahwa sindikat internasional itu berencana mendaratkan narkoba dengan jumlah besar di Pelabuhan Dadap. Hanya, waktu persisnya tidak diketahui sama sekali.

Setelah beberapa lama menunggu tanpa hasil, banyak anggota tim yang meninggalkan tugas tersebut dan beralih mengerjakan kasus lain yang menumpuk. Tinggal Tatang seorang diri. ”Saat itu, memang sudah tidak ada petunjuk lagi,” terang pria 34 tahun itu.

Namun, saat hendak menyeruput kopi untuk mengobati rasa kangen kepada anaknya, Tatang terhenyak karena kapal yang tidak pernah terlihat di pelabuhan itu menurunkan paket misterius ke mobil boks. Seorang target yang selama tiga tahun ditunggu terlihat di kapal tersebut. Dia tampak mengawasi aktivitas pembongkaran paket.

Tatang segera menyambar ponsel dan menekan nomor atasannya di Tim Penindakan dan Pengejaran (Dakjar BNN) untuk mempercayai informasi yang diberikan. Dengan logika dan analisis yang mendalam, Tatang meyakinkan Deputi Pemberantasan BNN Kombespol Slamet Pribadi (kini Kabaghumas BNN).

Setelah berhasil meyakinkan Slamet, tim Dakjar BNN dikirim untuk mencegat mobil boks yang telah diidentifikasi dengan detail oleh Tatang. Penantiannya selama tiga tahun berhasil dengan gemilang. Dalam mobil boks itu, ditemukan 800 kilogram sabu-sabu blue ice yang 1 gram seharga Rp 1,7 juta. BNN juga berhasil meringkus Wong Chi Ping berikut delapan anggota sindikat di pertokoan Lottemart di Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat.

Prestasi Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam memberantas peredaran narkoba di tanah air patut diapresiasi. Selain mencegah, BNN berhasil membongkar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close