Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nusron Wahid: Masalah TKI Sumbernya Dari Indonesia

Sabtu, 18 April 2015 – 13:07 WIB
Nusron Wahid: Masalah TKI Sumbernya Dari Indonesia - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Ribuan tenaga kerja Indonesia (TKI) saat ini tengah terjerat masalah hukum di luar negeri. Bahkan, sekitar 290 di antara mereka terancam dihukum mati. Kepala BNP2TKI Nusron Wahid mengakui, akar masalah sebenarnya ada di tanah air.

Sistem yang buruk ditambah banyaknya agensi penyalur nakal membuat buruh migran Indonesia rawan masalah. "Memang masalah TKI ini 80 persen masalahnya memang di hulu, dari indonesia," kata Nusron dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (18/4).

Dari sisi pemerintah, sambung Nusron, ada masalah tumpang tindih kewenangan antara Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Perhubungan dan BNP2TKI. Hal ini membuat kebijakan yang ada tidak komprehensif dan terintegrasi.

Sementara, dari sisi agensi, hanya sedikit yang memberi perhatian pada kemampuan kerja TKI. “Banyak orang jadi TKI itu, tidak penah ada persiapan lalu berangkat. Karena yang memberangkatkan sudah terima duit dan ini sudah pidana," tegas politikus Partai Golkar ini.

Permasalahan ini semakin diperkeruh dengan ulah para calon buruh migran yang kadang memaksakan untuk berangkat meski tidak punya kualifikasi. Menurutnya, pihak agensi kerap mendapat informasi yang tidak lengkap dari calon TKI.

"Ini menyebabkan ekspektasi tenaga kerja dan majikan berbeda. Bisa menyebabkan tenaga kerja kecewa dengan pendapatannya dan majikan kecewa terhadap kinerja tenaga kerja," tegas Nusron. (dil/jpnn)

 

 

JAKARTA - Ribuan tenaga kerja Indonesia (TKI) saat ini tengah terjerat masalah hukum di luar negeri. Bahkan, sekitar 290 di antara mereka terancam

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close