Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Isu Yaman dan ISIS Akan Dikupas di KAA

Minggu, 19 April 2015 – 08:43 WIB
Isu Yaman dan ISIS Akan Dikupas di KAA - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 akan membahas sejumlah konflik yang terjadi di negara-negara di Timur Tengah. Salah satunya mengenai ISIS yang belakangan menjadi sorotan dunia internasional.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto menyatakan, ISIS yang belakangan menjadi sorotan dunia internasional akan menjadi salah satu isu sentral. Andi menyebutkan, Indonesia termasuk yang dipercayakan untuk menyokong pemberantasan ISIS serta deradikalisasi.

"Karena Indonesia dinilai sebagai suatu negara yang relatif berhasil untuk melakukan kombinasi defentif, preventif dan keamanan untuk terorisme. Terutama karena Indonesia andalkan pada budaya, agama, dan deradikalisasi," ujar Andi, Minggu (19/4).

Pemerintah Indonesia, tegas Andi, mengusung prinsip diplomasi untuk penyelesaian konflik-konflik di Timur Tengah. Peran diplomasi untuk perdamaian itu, sambungnya, sudah pernah dijalankan Indonesia untuk konflik di Thailand dan Kamboja.

Karenanya, kata dia, dalam KAA prinsip tersebut akan disampaikan. "Di KAA Indonesia punya dasasila Bandung. Berbekal pengalaman diplomasi untuk stabilitas maka Indonesia diterima banyak negara bukan karena kekuatan militer atau ekonomi tapi Indonesia menawarkan norma bersama yang bisa diterima negara-negara bersengketa," imbuh Andi.

Selain ISIS, masalah yang akan dibahas adalah perang di Yaman. Sebagai salah satu negara yang tergabung di OKI, imbuh Andi, Indonesia bersama beberapa negara juga akan mengusung perdamaian di Yaman melalui KAA. Bukan dengan kegiatan militer melainkan dengan diplomasi dan norma perdamaian.

"Pada prinsipnya tetap dengan yang digabungkan oleh PBB dalam penyelesaian konflik. Indonesia akan lakukan beberapa inisiatif karena Indonesia negara dengan penduduk muslim terbesar. Indonesia bisa ikut sumbang lakukan kontribusi tentang masalah Yaman," tandas Andi. (flo/jpnn)

JAKARTA - Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 akan membahas sejumlah konflik yang terjadi di negara-negara di Timur Tengah. Salah satunya mengenai

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close