Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pahlawan yang Jadi Nama Jalan di 4 Kota Belanda

Selasa, 21 April 2015 – 12:37 WIB
Pahlawan yang Jadi Nama Jalan di 4 Kota Belanda - JPNN.COM
Salah satu jalan Kartini di Belanda. FOTO:

jpnn.com - PEMERINTAH Belanda menganggap Kartini sebagai figur istimewa yang namanya layak diabadikan sebagai nama jalan. Di Belanda, setidaknya ada empat Kartinistraat atau Jalan Kartini. Yakni, di Kota Haarlem, Amsterdam, Utrecht, dan Venlo.

Di Kota Utrecht, Kartinistraat terletak di dae­rah Voordorp, kawasan permukiman baru yang asri dan tertata rapi. Tempat itu dapat dijangkau sekitar lima belas menit dari pusat kota dengan bus.

"Voordorp mulai dibangun pada 1990," cerita Sander Ekstijn, webmaster Voordorp Vooruit, sebuah situs lokal yang khusus dikelola dan ditujukan untuk penduduk Voordorp. "Saya tinggal di sini sejak 1991 dan saya ingat Kartinistraat selesai dibangun pada 1992," tambahnya.

Cecile van der Meij, salah seorang penduduk Kartinistraat, menyatakan tidak tahu banyak soal Kartini. "Saya sama sekali tidak mengenal Kartini, kecuali dari keterangan di plang jalan," katanya sembari menunjuk plang Kartinistraat yang disertai keterangan singkat mengenai Kartini, pejuang emansipasi perempuan di Hindia Belanda.

"Saya belum lama tinggal di sini. Tapi, yang saya tahu, penamaan jalan di kawasan ini bagian dari proyek Pemerintah Kota Utrecht. Mereka khusus menamai semua jalan di sini dengan nama pejuang dari berbagai negara. Lihat saja, di sana ada Che Guavarastraat, Kemal Atatürkstraat, dan Pablo Nerudastraat," ungkap Cecile merujuk beberapa jalan di sekitar Kartinistraat.

Cerita Sander dan Cecile dibenarkan Alice Oosterhoff, staf Pemerintah Kota Utrecht Komisi Penamaan Jalan. "Jalan ini diberi nama Kartinistraat pada 29 Oktober 1990, bersamaan dengan enam belas jalan lain di kawasan Voordorp," katanya.

Oosterhoff menambahkan, semua nama yang dipilih berasal dari tokoh-tokoh yang memperjuangkan hak asasi manusia.

Menurut situs Voordorp Vooruit, salah satu alasan Kartini disejajarkan dengan para pejuang hak asasi manusia adalah pemikirannya memukau orang Belanda. Pada 1899, Kartini mengirim surat ke majalah perempuan De Hollandsche Lelie. Redaktur yang membaca suratnya sangat terkesan. Sampai-sampai, dia mengimbau para perempuan Belanda untuk berkorespondensi dengan Kartini.

PEMERINTAH Belanda menganggap Kartini sebagai figur istimewa yang namanya layak diabadikan sebagai nama jalan. Di Belanda, setidaknya ada empat Kartinistraat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close