Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mbah Tugiyem, Perempuan Berusia Satu Abad yang Tetap Aktif Bekerja

Cari Tanaman Tradisional untuk Biaya Sekolahkan Anak hingga Cicit

Rabu, 22 April 2015 – 00:00 WIB
Mbah Tugiyem, Perempuan Berusia Satu Abad yang Tetap Aktif Bekerja - JPNN.COM
Tugiyem alias Mbah Tugi membawa tanaman sambiloto untuk dijual, bersama cicitnya di Dusun Kepil, Putat, Patuk, Gunungkidul (20/4). Foto: Gunawan/Radar Jogja/JPNN

jpnn.com - Sedikit dari perempuan berumur satu abad yangmasih aktif bekerja. Di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ada Mbah Tugiyem, perempuan berusia seabad yang masih mencurahkan seluruh tenaga, pikiran dan penghasilannya untuk anak, cucu hingga cicit agar tidak hidup mengandalkan belas kasih orang lain.

GUNAWAN, Gunungkidul

HUJAN mulai membasahi bumi Handayani, ketika Radar Jogja (Group JPNN) tengah mencari rumah Tugiyem di Kepil, Putat, Patuk, Senin (20/4). Tempat tinggal Mbah Tugi -sapaan akrabnya- tidak jauh dari jalan raya Sambi Pitu-Gunung Api Purba Langgeran, Patuk.

Rumah Mbah Tugi memang dekat jalan beraspal. Namun. jalanan ke rumahnya di kampung hanya berupa jalan kecil yang cukup untuk kendaraan roda dua.

Sekilas tentang Mbah Tugi, dia merupakan tokoh terkenal di kampungnya. Dia sedikit  dari nenek hebat yang rajin bekerja meski umur sudah renta. Kerja keras dan hasil bekerja diberikan untuk satu anak, empat cucu dan tiga cicitnya.

Bidang kerja single parent ini unik tapi kurang diminati generasi sekarang. Pekerjaannya adalah jalan kaki naik turun gunung mencari bahan ramuan jamu tradisional berupa tanaman sambiloto.

Jarak tempuh untuk mencari sambiloto pergi-pulang  lebih dari 20 kilometer. Ia menempuhnya dengan jalan kaki.

Saat ditemui di kediamannya, MbahTugi terlihat sumringah. Ia baru saja  mendapatkan beberapa ikat tanaman sambiloto yang disimpan di bangunan kandang sapi. “Kowe iki sopo (kamu itu siapa)? ” tanya Mbah Tugi dengan polosnya.

Sedikit dari perempuan berumur satu abad yangmasih aktif bekerja. Di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ada Mbah Tugiyem, perempuan berusia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close