Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ssttt..., Ada Gubernur Mendikte Mendagri karena Mau Maju Pilkada Lagi

Rabu, 22 April 2015 – 00:48 WIB
Ssttt..., Ada Gubernur Mendikte Mendagri karena Mau Maju Pilkada Lagi - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku sempat didikte oleh gubernur di provinsi tertentu yang hendak menggelar pemilihan kepala daerah tahun ini. Menurutnya, gubernur yang hendak habis masa jabatannya itu mau maju lagi di pilkada sehingga ingin menentukan pelaksana tugas (Plt) kepala daerah provinsi yang sementara menggantikannya.

“Mohon maaf, kalau gubernurnya mau ikut pilkada lagi, sudah mendikte Mendagri, Plt-nya harus dirjen A, dirjen B, atau harus sekda ini, atau itu, tidak bisa begitu,” ungkap Tjahjo di Jakarta, Selasa (21/4).

Hanya saja, ia tak mau mengungkap identias gubernur atau nama provinsinya. Yang pasti, pada tahun ini ada 9 provinsi yang akan menggelar pemilihan gubernur.

Dalam kesempatan itu Tjahjo juga membeber adanya peningkatan anggaran dana bantuan sosial pada sejumlah daerah yang akan menggelar pilkada tahun ini. Karenanya, Kemendagri tengah memertimbangkan perlu atau tidaknya kebijakan baru yang melarang pemda di daerah yang menggelar pilkada untuk mengucurkan bansos.

“Meningkat tinggi penggunaannya. Kami juga mendapat masukan dari semua pihak, berani enggak Mendagri melarang kepala daerah menyetop dana bansos. Ini sedang kami pertimbangkan,” ujarnya.

Apakah meningkatnya penggunaan dana bansos menjelang pilkada ada kaitannya dengan kepala daerah yang mencalonkan lagi sebagai incumbent? Tjahjo tak menepis hal itu.

Sayangnya, Tjahjo enggan belum menyebut daerah mana saja yang penggunaan dana bansosnya meningkat tajam. Ia hanya menyatakan Kemendagri hingga saat ini masih terus mendata.

“Saya belum data, tapi pengalaman lima tahun lalu itu meningkatnya di saat-saat menjelang Pilkada. Padahal kan harusnya rutin sepanjang Januari sampai November, harus berjalan,” katanya.

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku sempat didikte oleh gubernur di provinsi tertentu yang hendak menggelar pemilihan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close