Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Batu Akik Batik Tembus Pasar Malaysia

Rabu, 22 April 2015 – 06:10 WIB
Batu Akik Batik Tembus Pasar Malaysia - JPNN.COM
Batu Akik Batik Tembus Pasar Malaysia. Foto Nonstop Online/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pasaran batu akik bermotif batik yang berasal dari Desa Bregeng, Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, tidak hanya dijual di pasar lokal. Pemasaran hingga ke pasar Malaysia.

Harga yang dipatok juga bervariatif yakni antara 200 ringgit hingga 500 ringgit. Banyak masyarakat yang beminat untuk membeli batu akik yang ditemukan di perbukitan dan pekarangan rumah warga Desa Bregeng itu.

“Batu akik yang ditemukan warga di sini, tidak hanya dijual pada orang madura saja. Tetapi, juga dijual ke Jakarta. Bahkan, dijual ke Malaysia,” terang Kepala Desa (Kades) Bregeng, Busiri Syukur seperti yang dilansir Nonstop Online (Grup JPNN.com).

Menurutnya, batu akik asal desanya bisa sampai ke Malaysia lantaran dibawa warganya yang menjadi TKI. Kemudian batu akik tersebut dijual. Rupanya, respon dari warga Malaysia cukup bagus. Batu akik yang dibawa laris manis di negeri Jiran itu.

“Batu akik yang laku di sana bermotif batik, sedangkan yang bermotif kristal kurang diminati di sana. Batu akik bermotif batik di Malaysia ada yang laku hingga 500 ringgit,” paparnya.

Ia menambahkan, orang Malaysia suka terhadap akik yang ditemukan warganya lantaran mempunyai motif unik yakni batik. Tentu kondisi tersebut sangat menguntungkan bagi warganya.

“Setiap ada warga yang berangkat ke Malaysia, pasti membawa batu akik ini untuk dijual di sana. Karena dijual di sana harganya lebih tinggi dan cepat laku,” tandas Busiri Syukur. (BHR/jpnn)

JAKARTA - Pasaran batu akik bermotif batik yang berasal dari Desa Bregeng, Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, tidak hanya

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close